Polsek Kendit-SMPN 2 Kendit Gelar Jalan Sehat Sinergi Jawa Pos

KENDIT – Polsek Kendit bekerjasama dengan SMPN 2 Kendit kemarin (10/12) menggelar gerak jalan sehat. Pesertanya mencapai lima ribu orang lebih.    Start peserta di depan Mapolsek Kendit dengan diilepas langsung Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setyono.

Saat melepas peserta gerak jalan sehat, Kapolres Sigit berpesan kepada seluruh warga yang ikut untuk ikut menjaga kondusifitas wilayah Kecamatan Kendit. “Agar tetap aman, dan nyaman,” ujarnya.

Sigit juga berharap agar bisa terhindar dari paham anti Pancasila, Radikalisme, intoleransi, aksi premanisme, dan penyalahgunaan obat-obatan berbahaya. “Perlu ada usaha dari kita semua untuk memberikan pembinaan kepada generasi muda agar terhindar dari tindakan-tindakan tercela yang membahayakan,” pesannya. 

Dalam pandangan Sigit, jalan sehat tersebut penting dilaksanakan untuk membentengi generasi muda dari pengaruh obat-obatan berbahaya maupun paham radikalisme. Sebab, anak-anak muda memiliki kesibukan lain.

Sigit menambahkan, menyiapkan anak muda sembagai penerus perjuangan bangsa ke depan sangat penting. Ini sesuai dengan yang pernah disampaikan Presiden Pertama RI pertama, Ir. Soekarno.

“Soekarno pernah menyampaikan, ‘berikan aku sepuluh pemuda dan akan kugoncangkan dunia ini’. Ini merupakan kalimat yang bertenaga, memberikan tenaga dan motivasi kepada kita semua bahwa betapa besarnya peran pemuda,” kata Sigit.

Sementara itu, Sigit menegaskan, terselanggaranya jalan sehat hasil kerja sama Polsek Kendit dengan SMPN 2 Kendit adlah bukti baiknya hubungan instansi kepolisian dengan dunia pendidikan. “Ini satu-satunya kerjasama polsek dengan kalangan pendidikan,” katanya.

Kapolsek Kendit yang sekaligus sebagai Ketua Panitia gerak jalan sehat, AKP. Supran menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga sinergitas dengan pihak-pihak terkait. Seperti lembaga pendidikan, pelajar, serta kalangan pemuda di Kecamatan Kendit.   

“Gerak jalan sehat yang kita gelar bersama SMPN 2 Kendit ini bukan hanya untuk beroalahraga saja. Tetapi untuk mencegah adanya paham anti Pancasila, Radikalisme, Intoleransi dan Premanisme serta penyalahgunaan obat-obatan berbahaya. Ini yang kita jadikan tema,” katanya.

Kata dia, tema tersebut memiliki makna yang luas. Yaitu, jajaran Polsek Kendit dan keluarga besar SMPN 2 Kendit berusaha terus menciptakan situasi yang kondusif dari pengaruh paham garis keras yang dapat merusak masyarakat dan generasi muda.

Kepala SMPN 2 Kendit, H. Sunoto berharap, dengan terselanggaranya kegiatan tersebut, sinergisitas dengan Polsek Kendit dan jajaran Forkopimka Kecamatan Kendit terus terjalin dengan baik. “Bisa dipertahankan, dan terus di tingkatkan dalam bentuk kegiatan lainnya,” katanya.

Sunoto juga berharap, dengan kegiatan tersebut, SMPN 2 Kendit semakin dikenal masyarakat. Para siswanya terus meraih prestasi akademik maupun non akdemik.

Menurut Sunoto, dari segi prestasi, siswa-siswinya  tidak kalah dengan sekolah-sekolah favorit yang ada di Situbondo. Sebab, siswa SMPN 2 Kendit telah memiliki banyak prestasi. “Karena itu, tidak salah jika masyarakat mempercayakan pendidikan anak-anaknya di SMPN 2 Kendit,” katanya.

Selain itu, dia juga menangku, sekolahnya memiliki sejumlah kegiatan unggulan. Di dunia seni misalnya ada pendidikan pengembangan seni tradisi (PPST). Di dalamnya ada tari gamelan dan teater.

“Ini sering ditampilkan di setiap ada tamu-tamu penting.  Siswa SMPN 2 Kendit  juga selalu ditunjuk oleh pemerintah untuk menyambut tamu-tamu penting,” pungkas Sunoto.

Dalam rangkaian gerak jalan sehat, diisi dengan beragam hiburan. Seperti hiburan seni tari dan gamelan, musik dangdut, hiburan musik lainya. Seluruhnya diisi oleh siswa SMPN 2 Kendit.