Polrse Surakarta Siap Amankan 188 Gereja Sinergi Jawa Pos

SOLO – Sedikitnya 188 gereja Kristen/Katolik sudah masuk radar Polresta Surakarta terkait peningkatan pengamanan malam Natal. Tak hanya sekali, personil dari kepolisian akan terus memantau dan melakukan pengecekan di lokasi terkait.

Polresta Surakarta telah membagi tiga kategori untuk skala prioritas pengamanan gereja. Rincianya, 16 gereja masuk skala prioritas pertama, 35 gereja prioritas kedua. Kemudian, 137 gereja lain yang tersebar di seluruh kelurahan masuk prioritas ketiga. 

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo, kemarin (22/12) jajaran petugas Brimob bersenjata lengkap dari polresta didampingi jajaran Polsek Jebres sudah melakukan sterilisasi di tiga gereja besar di Kecamatan Jebres. ”Ada 16 gereja prioritas di Solo yang akan disterilisasi. Di antaranya di Jebres ada tiga gereja,” jelas Kapolsek Jebres Kompol Juliana di sela-sela kegiatan pengamanan. 

Tiga gereja tersebut adalah Gereja St Maria Regina Purbowardayan, Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, dan GBI Keluarga Allah. Sterilisasi dilakukan dengan mengecek bangunan utama, luar, hingga sekeliling gereja. Petugas Brimob berkeliling melakukan pengecekan dengan alat metal detector dan mirror set di seluruh bagian gereja.