Polres Kudus Kawal Ketat Distribusi Logistik Pilkada

Kapolres Kudus

JawaPos.com – Panita pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah terus mematangkan strategi guna melancarkan hari pencoblosan esok hari. Setiap aspek seperti sistem pengamanan hingga kesiapan logistik terus matangkan.

Ketua Komisi Pemiluhan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kudus, Mohamad Hanafi mengatakan, saat ini seluruh logistik untuk wilayahnya telah sampai di tangan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Rencana besok pagi akan langsung didistribusikan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Hari ini logistik sudah ada di masing-masing PPS masing-masing desa dan besok pagi jam 06.00 WIB akan bergeser ke masing-masing TPS,” ujar Hanafi di Kantor KPUD Kudus, Jawa Tengah (26/6).

Kesiapan lain seperti Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan dan beberapa hal lain disebutnya juga telah siap.



Sementara itu Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning mengatakan akan mengawal ketat pendistribusian logistik hingga tiba di TPS. Begitu pula saat selesai pemungutan suara, petugas akan menempel ketat hingga kotak suara kembali ke KPUD.

“Pengamanan personil baik dari polres dan Kodim itu melekat baik dari kepolisian KPU ke PPK, PPK ke PPS dan nanti besok ke TPS melekat. Begitu juga sebaliknya setelah perhitungan dari TPS ke PPS, PPS ke PPK, PPK ke KPU itu melekat pengamanannya,” kata Agus.

Polres Kudus sendiri akan menerjurkan sebagian besar personilnya. Tercatat sebanyak 600 anggota disebar ke 1.491 TPS diseluruh Kudus. Sedangkan personil TNI yang diperbantukan sekitar 400 prajurit.

“Untuk personil yang digelar di 1.491 TPS itu kita menerjunkan sebanyak dua per tiga personil kita yaitu sebanyak 600 personil,” pungkas Agus.

(sat/JPC)