Politisi PDIP Sebut Anies yang Ajari Warga Berkegiatan di Pantai Maju

JawaPos.comFood Street yang telah dibuka di Pantai Maju, Jakarta Utara mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat. Namun karena izin usaha belum jelas, maka hal ini disesalkan oleh DPRD DKI Jakarta.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Pantas Nainggolan menjelaskan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengakui bahwa penggunaan kawasan tersebut belum berizin.

“Makanya sangat aneh, di pulau reklamasi yang belum diakui keberadaannya karena belum ada di tata ruang tiba-tiba gubernur melakukan kegiatan-kegiatan seperti itu,” tegas Pantas saat dihubungi, Selasa (29/1).

Sehingga, Pantas melihat seluruh kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah sudah seharusnya memiliki dasar hukum yang jelas. Namun, saat ini sudah bukan barang baru jika aturan tata ruang masih belum ada.



“Jadi, harusnya Pak Gubernur tidak mengajari orang, tidak mengajari masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan di kawasan ilegal,” ungkap Politisi PDIP ini.

Pantas pun melihat Anies harus menunjukkan dirinya adalah sang pemberi kewenangan. Jika kegiatan ilegal masih beroperasi, maka hal tersebut harusnya dihentikan dan diberikan sanksi.

“Kalau saya tangkap ya ini semua juga menjadi ilegal. Kan ini persoalan kewenangan gubernur harus tegas dong,” ucapnya.

Pantas merujuk, saat Anies pada akhir tahun lalu melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalur jalan sehat dan sepeda santai (jalasena) di kawasan Pantai Maju. Ia menilai hal itu lah yang membuat Food Street mulai beroperasi.

Editor           : Erna Martiyanti

Reporter      : Reyn Gloria