Polisi Sikat Sindikat Maling Mobil, Begini Modusnya

MALANG KOTA – Komplotan pencurian spesialis mobil berhasil diamankan Polres Malang. Supi’i (48), Supar (52), Subekhan (39), Supriyanto (38), dan Imam Masudi, (38) adalah lima pelaku yang berhasil ditangkap Polres Malang, beserta barang bukti sebuah mobil hasil pencurian. Sementara, satu tersangka bernama Yusup sampai saat ini masih dalam pengejaran kepolisian.

Dari pendalaman radarmalang.id, sembilan wilayah sudah sempat disatroni komplotan ini, termasuk diantaranya dua di Pakisaji dan Turen, Kabupaten Malang.

Kelima orang ini dalam melakukan aksi pencurian beraksi bak film pada Minggu, (23/9). Bergerak dalam kelompok, lima pria yang kesemuanya berasal dari Kabupaten Lumajang ini sengaja melakukan modus operandinya dengan cara hunting. Target mereka adalah mobil yang di parkir di depan rumah pemiliknya pada malam hari.

“Modusnya mereka muter muter dengan menggunakan mobil xenia, melihat mobil mana yang kemudian di parkir di luar rumah,” sebut Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.

Tersangka Subekhan sebagai pemberi keputusan lantas memilih satu target. Yaris warna kuning silver yang sedang terparkir di Perumahan Posindo Blok A3 RT 04 RW 01 Kelurahan Turen, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Mobil itu adalah milik Adi Eko Susanto yang melapor ke Polres Malang pada, Senin, (24/8).



Komplotan Mereka rupanya sudah memiliki tugas masing-masing. Tersangka Imam dan Yusup yang masih masuk DPO melaksanakan tugasnya. Mereka memotong rantai besi di Mobil milik adi yang terparkir di rumahnya. “Mereka menunggu sampai jam 4 pagi, nah ketika subuh manakala orang sedang lelap-lelapnya tidur, mereka beraksi,” beber Ujung.

Yusup pun memasuki rumah korban dan mencari kunci kontak mobil tersebut. Setelah ditemukan, kunci itu pun diberikan kepada Subekhan, dan mobil curian langsung dibawa ke daerah Lumajang untuk dijual kembali. Di Lumajang, tersangka Imam mengganti plat nomor mobil tersebut dengan nomor polisi palsu, B 1318 POR.

Mulai dari sini, peran Supar dan Supi’i mulai berguna. Keduanya bertugas mencari pembeli potensial yang memang mau membeli mobil hasil curian tersebut.

Kelima tersangka ini kini sudah ditangkap Polres Malang, namun Satreskrim Polres Malang juga masih mencari Yusuf yang masuk DPO Polres Malang dan satu orang lagi tersangka. Subekhan, Supriyanto, dan Imam kena pasal 363 KUHP pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan Supar dan Supi’i kena jerat pasal 480 KUHP karena bertugas sebagai penadah barang curian dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Pewarta : Elfran Vido
Fotografer : Elfran Vido
Penyunting : Shuvia Rahma