Polisi Musnahkan Bom yang Ditemukan di Kediaman Terduga Teroris

JawaPos.com – Pemusnahan 300 kg bom yang ditemukan Detasemen Khusus Anti Teror didari kediaman terduga teroris di Kota Sibolga dilakukan, Kamis (14/3) pagi. Tim Penjinak Bom (Jibom) melakukan pemusnahan dengan cara meledakkan bom tersebut di wilayah sepi penduduk tepatnya di Rindu Alam, Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Dalam proses pemusnahan yang dilakukan, Tim Jibom melakukan disposal terlebih dahulu. Bom tersebut diletakkan di dalam lubang dan kemudian diledakkan. Tahap pertama, dilakukan pemusnahan bom sebanyak 3kg. Suara ledakan yang dikeluarkan sangat keras.


Irjen Agus mengungkapkan bahwa, disposal selanjutnya perlu dilakukan secara khusus dan di tempat khusus. “Sekian kecil barang bukti yang tidak dalam tabung kemasan atau kontainer seperti itulah yang rekan-rekan saksikan,” kata Agus.

Agus menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan, 300 kg bahan bom yang diamankan ternyata merupakan bahan jadi siap diledakkan bukan bahan baku.

“Tadi atas pertimbangan keamanan dari tim Jibom yang melaksanakan tugas disposal, dilaporkan apabila dilakukan disposal terhadap yang kontainer maupun yang tabung gas dikawatirkan ini membahayakan,”tandasnya.

Pemusnahan tersebut disaksikan oleh Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, Wakil Wali Kota Sibolga Ady Polo Sitanggang dan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul.

Seperti diketahui, dalam pengembangan yang dilakukan pihak Densus 88 Anti Teror menemukan 300 kg bahan peledak di kediaman salah seorang terduga teroris.

Bahan peledak itu disimpan oleh terduga pelaku di dekat saluran pembuangan di rumahnya.

Editor           : Budi Warsito