Poles Sekolah Swasta, Kucurkan Dana Hibah Rp 800 Juta

KOTA BATU – Kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Batu terhadap bidang pendidikan tak hanya ditujukan kepada sekolah negeri, tapi juga swasta. Sejumlah lembaga pendidikan swasta tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) pun mendapat kucuran dana dari pemkot berupa dana hibah.
Rencananya, delapan sekolah swasta akan mendapat kucuran dana hibah sebesar Rp 800 juta di tahun anggaran 2017. Dengan demikian, tiap sekolah mendapatkan limpahan dana sebesar Rp 100 juta. Delapan sekolah tersebut masing-masing empat TK dan empat MI.
Empat TK itu antara lain, TK Rosella di Desa Songgokerto, TK Harapan Bangsa di Kecamatan Junrejo, TK Nurul Iman di Kelurahan Temas, dan TK Margiashi di Desa Giripurno. Sementara itu, empat sekolah MI yang dimaksud antara lain, MI Assalam di Kelurahan Temas, MI Al Hidayah di Kelurahan Temas, MI Darrul Hikam di Desa Torongrejo, dan MI Ihyaul Ulum di Kelurahan Temas.
”Dana hibah itu dikucurkan untuk mendukung sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah swasta,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin kemarin (29/5).
Mistin melanjutkan, hibah tersebut untuk pendanaan ruang kelas baru (RKB) yang diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kucuran dana hibah itu tidak diberikan kepada semua sekolah swasta. Mistin menerangkan, dana hibah itu dikucurkan bagi sekolah yang telah mengajukan proposal pembangunan sekolah ke wali Kota Batu. Pengajuan yang dilakukan pada tahun lalu itu kemudian dilakukan verifikasi, sehingga dapat dianggarkan pada tahun berikutnya. (dia/c1/yak)