Poles Makam Cina, Pemkot Batu Siapkan Rp 700 juta

KOTA BATU – Mulai pudarnya cat dan rusaknya pagar makam Cina membuat Pemkot Batu berinisiatif untuk mempercantiknya. Tahun ini, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), Kota Batu sudah menyiapkan anggaran Rp 700 juta. Paling tidak, di bulan Februari ini, kawasan makam yang berlokasi di Jalan Pattimura, Temas, Kecamatan Batu, ini sudah mulai dipercantik.

Kepala Bidang Pertanahan dan Pemakaman Disperkim Kota Batu Imam Sutrisno menjelaskan, program tersebut dalam rangka pemeliharaan saja. Selain pengecatan dan pemeliharaan pagar makam, pihaknya juga akan melakukan pembangunan sarana dan prasarana makam.

”Pengadaannya itu seperti kereta dorong jenazah dan pagar makam. Termasuk sarpras yang dianggap perlu diadakan nantinya,” ucapnya. Sementara untuk pengerjaannya ditargetkan bisa selesai dalam enam bulan.

Imam mengakui, perbaikan pagar dan perawatan makam Cina dilakukan karena letaknya yang persis di pinggir jalan raya. Sehingga diharapkan dengan perbaikan tersebut bisa terlihat indah dan nyaman. ”Saya lihat akhir-akhir ini kan kurang enak dipandang. Seperti pagar dan temboknya sudah mulai ada beberapa yang mengelupas dan rusak,” ucapnya.

Di samping program pemeliharaan, tahun ini pihaknya juga mengajukan ke sekretaris daerah (sekda) kota untuk menyiapkan tenaga ahli bahasa Cina atau Mandarin. Nantinya, tenaga ahli itu diharapkan bisa membantu saat petugas melakukan pengecekan di areal lokasi makam. Karena rata-rata keterangan sosok yang dimakamkam di lokasi tersebut menggunakan bahasa Mandarin.

”Selama ini kan belum ada dan kami merasa kesulitan ketika cek lapangan. Bagaimana tidak kesulitan, rata-rata pakai bahasa Cina,” tandasnya.

Pewarta : Badar Risqullah
Copy editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib