Polemik Ceramah Gus Muwafiq, Ini Pendapat Ketua Ikatan Gus Gus Indonesia

Gus Muwafiq (FOTO : nu.or.id)

MALANG – KH Ahmad Muwafiq sedang jadi sorotan. Hal ini setelah ceramah pria yang akrab disapa Gus Muwafiq ini dinilai sejumlah pihak telah menghina Nabi Muhammad SAW.

Menanggapi hal ini, Ketua Ikatan Gus Gus Indonesia (IGGI) KH Ahmad Fahrur Rozi buka suara.

“Pada aslinya Gus Muwafiq itu kan orang santri, orang seneng baca sholawat. Jadi mungkin niatnya mbanyol tapi salah milih diksinya,” urai pria yang dikenal juga dengan Gus Fahrur ini, Kamis, (6/12).

Sebelumnya, Gus Muwafiq bahkan juga sempat dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh DPP Front Pembela Islam (FPI) dan satu pihak lagi. Namun, laporannya tidak diterima polisi.

Gus Fahrur yang juga Pengasuh Ponpes An Nur 1 Bululawang itu mengatakan apa yang disampaikan Gus Muwafiq dalam ceramahnya sebenarnya bukan hal yang patut dipermasalahkan. Pasalnya, dia juga tidak dalam keadaan sedang marah-marah saat menyampaikan isi ceramanya

“Saya kira kalau dia nggak berniat untuk itu. Guyon sebetulnya itu, cuman ya mungkin diksinya kurang tepat jadi orang mendengarnya jadi marah,” tutupnya.

Sementara itu menanggapi masalah yang menjerat dirinya, Gus Muwafiq juga telah menyampaikan klarifikasi dan permintaan maafnya. Penceramah asal Yogyakarta itu sudah lakukan klarifikasi usai penggalan video tausyiah yang diadakan di Purwodadi tersebut viral di media sosial.

Video ceramah yang didominasi dalam bahasa Jawa tersebut sebelumnya sempat membuat heboh dan berujung kecaman dari sejumlah kalangan. Lewat akun Instagramnya @gus.muwafiq telah memberikan klarifikasi terkait videonya yang viral tersebut.

Pewarta: Elfran Vido
Foto:
Editor : Indra M