PN Bojonegoro Diserbu Ratusan Bacaleg

PN Bojonegoro Diserbu Ratusan Bacaleg

JawaPos.com – Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) diserbu bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) 2019. Para bacaleg itu, datang ke pengadilan untuk meminta surat keterangan bebas pidana atau bebas kasus.

“Mulai ramai pemohon surat keterangan sejak minggu lalu. Tepatnya, hari Kamis (5/7). Mereka meminta surat bebas kasus,” kata Indaryanto, Humas PN Bojonegoro, saat ditemui di kantornya Jalan Hayam Wuruk, Selasa (10/7).

Hingga hari ini lanjut dia, sudah ada 239 Bacaleg yang mengajukan permohonan surat keterangan. Setiap hari kerja pihaknya selalu membuka pelayanan mulai pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB.

Rata-rata, setiap hari ada sekitar 50 Bacaleg yang mengajukan permohonan surat keterangan. Ia menegaskan, jika pelayanan pembuatan surat keterangan tanpa dipungut biaya alias gratis.



“Aturan bebas biaya bagi pembuatan surat keterangan bebas kasus yang dimohonkan oleh para caleg sudah diatur dalam peraturan Mahkamah Agung (MA). Jadi kita mengacu aturan itu,” terangnya.

PN Bojonegoro, mengusahakan satu hari langsung jadi dalam pembuatan surat keterangan. Namun, kecuali ada petugas yang sedang keluar kota maka pembuatan bisa diundur.

“Kami usahakan semaksimal mungkin dalam satu hari pembuatan surat keterangan langsung jadi,” ujar pria lulusan Fakultas Hukum Uversitas Sebelas Maret, Kota Solo itu.

(yud/JPC)