Plt Kepala Puskesmas Kedungkandang Beberkan Alasan Banyaknya Pengidap Hepatitis A

Plt. Puskesmas Kedungkandang kota Malang, dr. Dini Titisari

KOTA MALANG – Saat ini Hepatitis A sedang menjadi pembicaraan di mana-mana. Adalah Kabupaten Pacitan yang membuat penyakit yang menular menular melalui virus ini menjadi viral. Kota kelahiran mantan presiden ke-6 SBY itu mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A dengan pasien cukup banyak, yakni 957.

Menanggapi fenomena tersebut, Plt. Puskesmas Kedungkandang Kota Malang, dr. Dini Titisari mengatakan, ia tidak kaget dengan jumlah pengidap hepatitis yang cukup banyak itu.

Pasalnya, imbuh Dini, hepatitis A memang penyakit hati yang mudah disebarkan karena hanya hepatitis A ini lah yang penyaluran virusnya melalui makanan ataupun minuman yang dikonsumsi masyarakat.

“Hepatitis A itu kan penyakit hepatitis yang melalui mulut, ya dari makanan atau minuman. Setiap hari orang mana yang gak makan dan minum. Itu yang mempermudah penyalurannya,” katanya saat ditemui, radarmalang.id, Rabu (9/7)

Sementara itu, tambah Dini, untuk hepatitis lainnya seperti B, C, D, dan E, penyaluran virusnya bukan dari makanan, tetapi, dari saluran darah melalui hubungan seks atau tranfursi darah. “Kan kalau transfursi darah atau seks gak setiap hari dan gak semua orang bisa lakukan,” paparnya.



Untuk alasan mengapa hanya Hepatitis A yang melalui mulut, Dini mengungkapkan itu memang karena tempat asal virus masing-masing hepatitis bersarangnya

“Kalau A itu dari makanan/minuman memang dari sentuhan atau virus yang ditularkan dari pengidapkan. Kalau yang lainnya itu memang berasal dari darah pengidap asalnya, yang ditransfusi,” pungkasnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Bob Bimantara Leander