Plh Bupati Probolinggo

Plh Bupati Probolinggo

KRAKSAAN – Mulai Kamis (15/2), Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Wakilnya, A. Timbul Prihanjoko, cuti kampanye. Sebab, keduanya maju sebagai calon incumbent dalam pemilihan Bupati (Pilbup) Probolinggo.

Untuk mengisi kekosongan kursi bupati, Rabu (14/2), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono menerima surat keputusan (SK) Gubernur Jatim sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati.

Soeparwiyono mengaku, telah menerima SK Plh kepala daerah itu dari Gubernur Jatim. SK itu berlaku mulai Kamis ini (15/2) sampai adanya pejabat (Pj) Bupati Probolinggo.

Diperkirakan, Pj kepala daerah sudah terisi pada Rabu (21/2). Jabatan Bupati diisi oleh Plh selama kepala daerah menjalani cuti.

“Saya masih harus lapor dulu ke Ibu Bupati, terkait SK Plh ini. Karena saat ini (Rabu), Ibu Tantri masih menjabat sebagai Bupati, ada kewajiban saya untuk melapor. Sekaligus meminta petunjuk dalam menjalankan tugas Plh kepala daerah,” ujarnya.



Sementara itu, Anom Surahno, Kabiro Adm Pemerintahan Sekdaprov Jatim menjelaskan, SK itu berlaku hingga ada Pj (Penanggung jawab).

Untuk wewenangnya, disebutkan Anom sama. “Sama dengan Bupati. Cuma, Plh tak boleh melakukan mutasi. Hanya diperbolehkan mengisi posisi yang kosong,” jelasnya.

Selain itu, Plh Bupati juga tak diperbolehkan ke luar negeri sesuka hati. Bila hendak keluar negeri, harus izin terlebih dahulu.

Lalu kapan akan dipilih Pj? Anom menyebut hal itu jadi wewenang Gubernur. “Kemungkinan Maret. Tapi, tidka tahu tanggal pastinya,” jelasnya.