PKL Rumah Tua Kota Batu Bakal Dapat Lahan Baru

KOTA BATU – Sudah bersih dan lengang, begitulah pemandangan di lahan relokasi yang berada selatan GOR Ganesha Kota Batu, Kamis (10/1). Lahan seluas 500 meter persegi itu akhirnya rampung dan bakal dimanfaatkan oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) rumah tua di Jl. Sudiro Kelurahan Sisir Kecamatan Batu.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyatakan fasilitas lahan yang mulai dikerjakan sejak 7 Desember 2018 lalu dipersiapkan untuk 97 PKL. Tempat yang awalnya berupa hamparan tanah itu kini telah terpasang paving.

“Dari eksekusi Pengadilan Negeri Malang beberapa waktu lalu itu kami memang gerak cepat. Lahannya memang kita siapkan untuk mereka (PKL rumah tua),” terangnya.

Dengan rampungnya lahan relokasi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu PKL menginginkan PKL akan nyaman untuk berjualan kembali. Hanya saja penempatan itu masih menunggu data dari PKL yang bersedia untuk berjualan di area tersebut.

“Tentunya kami ingin mereka berjualan kembali dengan nyaman. Tapi masih belum diketahui nanti yang bersedia untuk berjualan di area ini jumlahnya berapa, kita masih menunggu datanya,” imbuhnya.



Diketahui, awal Desember 2018 lalu PKL rumah tua harus rela digusur terkait buntut sengkata tanah antara pemilik lama Suprapto dengan pemilik baru Linawati Hedijanto. Pemkot Batu segera menindak lanjuti dengan penyediaan lahan agar perekonomian PKL tidak terhenti begitu saja.

“Kami harapkan juga dengan tempat yang disediakan ini roda perekonomian mereka dapat berjalan sesuai yang diharapkan,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia