PKB-PDIP Kabupaten Malang Draw, Sama-Sama Raih 12 Kursi

MALANG – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara KPU Kabupaten Malang telah berakhir, Senin, (6/5) dini hari lalu. Namun, proses finalisasi rekapitulasi suara dari seluruh PPK di wilayah Kabupaten Malang belum diumumkan secara resmi. Hasil seluruh hasil suara belum pun bisa disampaikan kepada publik.

Walaupun begitu dari data form DB1 atau berita acara rekapitulasi tingkat kabupaten yang diterima radarmalang.id sudah diketahui besaran-besaran data yang masuk. Berdasarkan hasil rekapitulasi form DB1 atau berita acara rekapitulasi tingkat kabupaten oleh KPU, PDI Perjuangan berhasil memperoleh suara terbesar untuk kursi DPRD Kabupaten Malang, yakni 12 kursi DPRD Kabupaten Malang. Hasil PDI Partai disamakan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sama-sama meraih 12 kursi di DPRD Kabupaten Malang

Posisi kedua disusul oleh Partai Golongan Karya (Golkar) yang meraih perolehan suara hingga 8 kursi. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memperolehan tujuh kursi.
Sementara Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) juga memperoleh tujuh kursi. Sisanya, Partai Demokrat mendapatkan tiga kursi. Dua kursi sisa diisi oleh PPP dan satu kursi untuk Hanura.

Santoko, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mengatakan, bahwa proses rekapitulasi suara di Kabupaten Malang belum bisa diumumkan secara resmi. Hal ini dikerenakan perubahan jadwal penyelesaian rekapitulasi pemilu 2019 yang semula Sabtu (4/5) molor hingga Senin (6/5). “Ada instruksi rekapitulasi ulang dari Bawaslu di PPK Pagak,” ujarnya.

Selain itu, Santoko juga belum bisa ditemui di kantor KPU Kabupaten Malang. Dia belum bisa menyebut secara spesifik berapa perolehan suara yang didapat setiap partai politik di Kabupaten Malang karena harus mengawal rekapitulasi suara di tingkat provinsi. “Yang jelas dini hari tadi sudah kami antar ke Surabaya untuk dilakukan rekap pada tingkat KPU Provinsi,” paparnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting : Kholid Amrullah