PKB-PDIP Berebut Kursi Ketua Dewan

KEPANJEN – Rekapitulasi penghitungan surat suara di tingkat Kabupaten Malang akhirnya tuntas dini hari kemarin (6/5). Dari rekapitulasi form DB1 atau berita acara rekapitulasi tingkat kabupaten, diketahui ada dua partai yang mendominasi hasil pemilihan anggota DPRD Kabupaten Malang. Dua partai itu yakni PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Jumlah kursi yang didapatkan keduanya sama, yakni 12 kursi.

”Kami belum bisa menyebut secara spesifik berapa perolehan suara yang didapat setiap partai politik. Yang jelas dini hari tadi (hasil rekapitulasi) sudah kami antar ke Surabaya untuk dilakukan rekap pada tingkat KPU provinsi,” kata Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko. Di bawah PDIP dan PKB, ada Partai Golongan Karya (Golkar) yang mendapat 8 kursi. Berikutnya ada Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan perolehan 7 kursi.

Selain PKB, gebrakan lainnya juga sukses diraih Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) yang mendapat tambahan tiga kursi dari periode sebelumnya. Bila ditotal, partai besutan Surya Paloh tersebut melenggang dengan 7 kursi. Sementara dua partai lainnya, yakni PPP dan Hanura harus puas dengan jumlah kursi stagnan dari periode sebelumnya. PPP mendapat 2 kursi, sementara Hanura mendapat 1 kursi.

Sesuai ketentuan, posisi ketua DPRD bakal menjadi hak dari parpol yang mendapat perolehan kursinya terbanyak. Belum diketahui secara pasti apakah PDIP atau PKB yang mendapat hak tersebut.

Lantaran KPU masih belum melakukan pembahasan lebih lanjut terkait hal tersebut. ”Mekanisme lebih lanjut tentang penghitungan kursi akan disosialisasikan kembali oleh KPU RI setelah rekap di daerah tuntas semua,” terang salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya.

Anggota tim kampanye caleg PKB, Muslimin, mengaku bila pihaknya masih belum membahas peluang itu lebih mendetail. ”Kami ikuti proses sesuai dengan mekanisme yang ada saja, tapi kami tentu tetap optimistis bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” bebernya. Dari pengamatan dia, jabatan ketua DPRD memang didasarkan pada beberapa poin. Tidak hanya seputar perolehan kursi terbanyak saja.

”Bukan hanya jumlah kursi yang didapatkan yang menjadi pertimbangkan, berapa banyak jumlah suara yang diperoleh nanti juga pasti akan menjadi pertimbangan,” sambung Muslimin. Bertambahnya jumlah kursi yang dimiliki PKB dalam Pemilu 2019 ini bisa dibilang menjadi batu loncatan bagi partai berlambang bumi dan sembilan bintang tersebut.

Sebab, pada periode sebelumnya, PKB tercatat hanya memiliki delapan kursi saja. Kecuali di dapil VI, dari enam dapil lainnya masing-masing memiliki dua caleg yang lolos duduk di kursi legislatif.

Beberapa wajah lama pun dipastikan kembali melenggang ke gedung dewan. Seperti Masfufah dari dapil I, Kuncoro dari dapil II, Kholiq dari dapil III, Abd Rokim dari dapil IV, Muslimin dari dapil V, dan Ali Murtadho dari dapil VII.

Pewarta               : Farik Fajarwati
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Rubianto