Pintu Hall Museum Angkut Meledak. Ada Apa?

Salah satu 'ledakan' di Museum Angkut.

KOTA BATU – Duarrr…! Pintu Hall Museum Angkut seketika meledak dan berlubang saat dikepung anggota TNI AU dari Lanud Abdurrahman Saleh, Minggu siang (1/4). Sontak membuat pengunjung melonjak kaget dan kebingungan. Lalu, satu persatu anggota TNI AU menyelinap ke dalam hall dan terdengar bunyi tembakan tiada henti.

Usai suasana cukup tenang, belasan kru Museum Angkut berseragam merah keluar dari dalam hall dan menari.

Ya, ledakan tersebut merupakan salah satu simulasi paskhas TNI AU membebaskan sandera dari kawanan teroris. “Ini hanya rangkaian kecil. Sebenarnya panjang tapi waktu tidak memungkinkan,” jelas Komandan Lanud Abdurrahman Saleh, Kolonel Pnb Andi Wijaya, usai simulasi.

Lanjut Andi, kegiatan simulasi itu dalam rangka menyambut bulan dirgantara dan rangkaian kegiatan hari ulang tahun TNI AU ke 72. Beragam kegiatan dilakukan. Mulai dari marching band sekolah angkasa, parade paskhas 464 Manggala, pameran pesawat ultra light, instrumen pesawat vintage, dan diakhiri dengan penerbangan pesawat kertas dari lantai teratas di Museum Angkut.

Kedepannya, Andi berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan antara Museum Angkut dan TNI AU. “Sehingga pengunjung Museum Angkut bisa lebih mengenal TNI AU,” inginnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Museum Angkut & Movie Star Studio, Endang Sobirin, mengaku kegiatan ini merupakan salah satu tekad untuk memberikan wisata penuh edukasi kepada pengunjung. “Terutama berkaitan dengan pesawat,” ucapnya.

Pewarta: Lizya Oktavia
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Lizya Oktavia