Pimpin Polres Malang, Tantangan Baru AKBP Hendri Umar

KEPANJEN Proses serah terima jabatan (sertijab) untuk posisi kapolres Malang resmi dilakukan kemarin (14/2) di gedung Mahameru Polda Jawa Timur. Seperti diketahui, posisi AKBP Yade Setiawan Ujung bakal digantikan oleh AKBP Hendri Umar. Dari pantauan koran ini, prosesi sertijab kemarin hanya diikuti Ujung–sapaan akrab AKBP Yade Setiawan Ujung.

Pejabat yang baru, yakni AKBP Hendri Umar diketahui masih melakukan ibadah umrah. Selanjutnya, Ujung bakal menempati posisi baru sebagai Waka Polrestabes Bandung. Sementara AKBP Hendri Umar diketahui sebelumnya menempati jabatan sebagai kasubbag Penghubung dan Protokol (Bungkol) Staf Pribadi Pimpinan (Spripim) Polri.

Dari data yang diterima koran ini, pria kelahiran Solok, Sumatera Barat, 26 Februari 1986, itu punya segudang pengalaman di bidang reserse kriminal. Pada 2006 lalu, Hendri Umar menjabat sebagai kasubnit Reskrim Polsek Metro Tamansari Polda Metro Jaya. Pada 2011 lalu, dia menjabat sebagai kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Hampir 2 tahun dia menjabat di posisi tersebut.

Salah satu prestasinya diukir pada waktu itu. Tepatnya 2013 lalu, Hendri memimpin pengungkapan kasus bocah berusia 3,5 tahun yang disemen di Surabaya. ”Itu salah satu prestasi beliau bisa mengungkap kasus yang saat itu menyita perhatian publik. Karena itu, kami percaya beliau bisa menjaga kondusivitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Malang,” kata Kasubag Humas Polres Malang Ipda Nining Husumawati.

Dari data yang diterima koran ini, Hendri diketahui belum pernah memimpin sebuah wilayah hukum. Jabatan kapolres Malang bakal menjadi pengalaman baru baginya. ”Satu sisi memang menjadi tantangan bagi beliau. Tapi, kami percaya beliau memiliki visi dan misi, commander wish, dan harapan-harapan ke depan untuk memajukan kesatuan,” tambah Nining. ”Kami semua berharap kepemimpinan beliau dapat mempertahankan apa yang sudah diperoleh, atau bahkan lebih baik lagi,” tutupnya.

Pewarta : Biyan Mudzaky
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya