Pilkades Serentak Kota Batu Digeber Bulan Oktober

Balai Kota Among Tani Kota Batu.

KOTA BATU – Bulan Oktober bakal menjadi pesta demokrasi bagi 11 desa di Kota Batu. Pasalnya, pada awal bulan 10 itu akan diadakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Meski masa berakhir jabatan seluruh kepala desa (kades) tidak sama, namun rencananya pemilihan orang nomor 1 di masing-masing desa itu akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2019.

“Pelaksanaanya diusulkan 2 Oktober mendatang, sebelum ulang tahun Kota Batu (17 Oktober) agar tidak berbarengan. Kalau November itu kemepetan,” ujar Kabag Pemerintahan Kota Batu, Dyah Liestina. Jadwal tersebut masih belum pasti, sedangkan saat ini progres persiapan masih dalam tahapan pembentukan panitia Pilkades.

Tahapan pembentukan panitia akan dilakukan hingga 30 Juni. pembuatan tata tertib dan pengumuman DPT hingga 30 Juli. Kemudian dilanjutkan pada pendaftaran calon kepala desa mulai 31 Juli hingga 8 Agustus 2019. Kemudian secara garis besar akan dilanjut pencalonan, pemungutan suara, dan penetapan.

Sementara, untuk dana pelaksanaan Pilkades sebelumnya pemkot menggelotorkan dana Rp 85 juta ke masing-masing desa. Namun Dyah memastikan dana tersebut bakal berubah sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) massing-masing desa.

“Ada perubahan, awalnya rata-rata Rp 85 juta tapi sekarang harus sesuai dengan jumlah DPT. Minimal dana nanti yang disalurkan Rp 71 juta dan maksimal Rp 84 jutaan,” imbuhnya. Dyah berharap dengan dana yang mencapai Rp 5 miliar itu, masyarakat memaksimalkan hak pilihnya.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah