Pilkades Serentak Kota Batu, 2 Peserta Siap-siap Tereliminasi

KOTA BATU – Usai sudah tes bakal calon kepala desa dalam Pilkades Serentak Se-Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Dari 17 peserta bakal calon kades Desa Tlekung, Desa Mojorejo, dan Desa Pendem, nantinya ada dua peserta harus ada yang gugur.

Kepala Bagian Pemerintahan Kota Batu Dyah Liestina mengungkapkan jika hasil ujian dari bakal calon kepala desa ini telah diserahkan kepada panitia di desa masing – masing.

“Kami sudah menyerahkan ke pihak panitia desa, jadi dari Camat, nanti Camat yang menyerahkan ke setiap Desa. Sesuai dengan ketentuan, khusus Desa Mojorejo karena pesertanya terbanyak dengan 7 bakal calon, maka 2 diantaranya harus dieliminasi,” ujarnya kepada tim radarmalang.id, Selasa (27/11).

Terkait hal tersebut, pengumuman penetapan calon Kepala Desa yang lolos akan diumumkan pada 3 Desember mendatang. “Mereka akan diberitahu pada tanggal 3 Desember sekaligus penentuan nomor urut,” imbuhnya.

Para calon yang sudah ditetapkan nantinya harus mengikuti tahapan dari persiapan pemungutan suara Pilkades Serentak pada 16 Desember mendatang. Pelaksanaan tersebut mundur dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya yakni 13 Desember.



“Jadi bukan karena apa, tapi memang kita sesuaikan lagi dengan Perda. Pelaksanaan pemungutan suara itu sebaiknya dilaksanakan pada hari libur, kalau yang sebelumnya kan di hari biasa. Akhirnya jadwal kita sesuaikan dan ketemu di 16 Desember mendatang,” tandasnya.

Diketahui, bagi calon Kepala Desa nantinya memiliki waktu untuk berkampanye pada 10 – 12 Desember, dan masa tenang pada 13 – 15 Desember jelang pemungutan suara.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia