Pilih Bunga Jadi Oleh-Oleh Wisata

KOTA BATU – Liburan di Kota Batu tentu kurang afdal jika tak membawa oleh-oleh khas Kota Dingin ini. Selain jajanan dan makanan tradisional, banyak juga pengunjung yang memilih untuk belanja bunga.

Salah satu lokasi jujukan wisatawan yang datang ke Kota Batu adalah toko bunga yang berderet di sepanjang Jalan Bukit Berbunga. Sejak pukul 10.00, sudah banyak wisatawan yang datang berbelanja atau melihat berbagai jenis bunga yang dijual pedagang. Tak jarang, para pengunjung berswafoto bersama kerabat di sela-sela belanja bunga.

”Kunjungan beberapa minggu ini lumayan. Ada kecenderungan naik,” ungkap pemilik Kebun Bunga Barokah Rustamaji.

Dia mengungkapkan, rata-rata yang mengunjungi tokonya adalah anak muda yang mencari bunga sekaligus berfoto ria. ”Kadang mereka datang, foto-foto, terus beli satu hingga dua bunga,” ujarnya.

Toko milik Rustamaji ini memang telah menjadi jujukan wisatawan sejak dirintis tahun 1985 silam. Maklum saja, ada banyak jenis bunga yang dijual di tempat tersebut.



”Pastinya, jangan sampai merusak bunga. Terutama yang muda-muda itu tidak berhati-hati saat berfoto dan tidak sadar kalau barang bawaannya bisa merusak bunga,” ungkapnya.

Beberapa pengunjung dari luar Malang mengungkapkan, ide pemilik untuk menjadikan tokonya nyaman bagi pengunjung itu sangat baik dan menginspirasi.

”Kenyamanan itu juga pengaruh untuk kemajuan bisnis, apalagi untuk bisnis bunga. Saya sendiri bisa meniru ide ini di kota saya,” ujar Heru Pranoto, salah satu pengunjung asal Banyuwangi yang mencari oleh-oleh bunga anggrek untuk kerabatnya.

Ada juga yang menyatakan, mereka datang ke toko bunga karena tempat tersebut bisa menjadi objek foto yang bagus. ”Iya, bunganya bagus-bagus soalnya. Ya saya sekalian beli juga di sini,” ujar Andine, pengunjung dari Kota Malang.

Sementara itu, untuk jenis bunga yang dicari, menurut Rustamaji masih relatif. Beberapa pengunjung yang datang membawa pulang bunga anggrek, bunga jenis geranium, dan kastuba.

Pewarta: Octo Pratama
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Octo Pratama