Piala Indonesia Bikin Klub Liga 1 Main 43 Laga Dalam Semusim

PSSI Pastikan Piala Indonesia Bergulir Tahun Ini - JPNN.COM

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Foto: dok/JPG

RADAR MALANG ONLINE, JAKARTA – Klub-klub peserta Liga 1 2018 dipastikan harus bekerja keras dan menjalani pekan padat selama April sampai Desember mendatang.

Penyebabnya, PSSI sudah memastikan ke PT Liga Indonesia Baru untuk menyiapkan penjadwalan Piala Indonesia 2018.

“Piala Indonesia akan kick-off mulai minggu ketiga atau keempat April sampai Desember,” ungkap Joko Driyono, Plt Ketua Umum PSSI, Sabtu (17/3) malam.



Joko pun mengakui, untuk tim yang akan lolos ke partai puncak, setidaknya harus bertanding sampai sembilan kali laga. Otomatis, ditambah laga Liga 1 2018, tim yang juga serius di Piala Indonesia untuk meraih gelar, harus siap bermain sampai 43 pertandingan dalam satu musim.

“Tim yang akan tampil di final, kalkulasinya akan bertanding sembilan kali. Kalau diukur dari April-Desember itu ada sembilan bulan, jadi klub akan bertanding 1-2 pertandingan setiap bulan bagi tim juara,” ungkapnya.

Total tim yang akan bertanding di Piala Indonesia mencapai 128 tim yang berasal dari Liga 1 Liga 2 dan Liga 3 Indonesia. Namun, dengan sistem gugur yang diterapkan, maka setiap tim akan mengerucut setengahnya setiap pertandingan.

“Karena ini sistem gugur, jadi jumlah peserta akan mengerucut dari 128 menjadi 64, 32, 16 dan seterusnya. Memang ini menjadi tantangan sendiri, bagi klub hebat akan mengalami jadwal padat,” papar Joko.

Otomatis, dengan adanya ajang ini, klub seperti Bali United dan Persija Jakarta yang tampil di AFC CUp 2018 harus siap-siap mengatur dan merotasi pemain dengan maksimal. Karena itu, kedua tim tersebut akan menambah jumlah pemain lagi untuk memenuhi kuota spesial, yakni tambahan tiga pemain dari kuota maksimal 30 pemain.