Petahana Riau akan Atasi Banjir Rob di Dumai Dengan Anggaran Rp 300 M

Petahana Riau akan Atasi Banjir Rob di Dumai Dengan Anggaran Rp 300 M

Andi Rachman saat kampanye dialogis di Kelurahan Rimbo Sikijang, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai pada Senin (16/4).
(Istimewa)

RADAR MALANG ONLINE – Calon Gubernur (Cagub) Riau petahana Arsyadjuliandi ‘Andi’ Rachman dan Suyatno mengatakan ia dan pasangannya Suyatno siap mengatasi banjir rob yang terjadi di Kota Dumai, Riau. Hal itu disampaikan pasangan calon nomor 4 saat kampanye dialogis di Kelurahan Rimbo Sikijang, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai pada Senin (16/4).

“Saya sudah minta Pemerintah Kota Dumai segera membuat Detail Engineering Desain untuk mengatasi banjir ini. Nanti kita keroyokan mengatasinya,” ujar Andi Rachman.

Andi menyebut, setidaknya ada 26 kilometer aliran Sungai Dumai yang harus diturap untuk mengatasi banjir tersebut. Dibutuhkan anggaran setidaknya Rp 3 ratus miliar untuk membangun hal tersebut.

“Kita atasi bertahap. InsyaAllah kami komit. Kita cara pendanaannya dari pusat,” ungkapnya.

Kondisi ini butuh kerjasama yang padu antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah Kota Dumai. Dan kerjasama ini juga sudah pernah dilakukan keduanya saat sama-sama menggolkan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dumai Rokan Hilir dan Bengkalis.

Sebelumnya, warga Dumai sempat mengeluhkan banjir rob atau pasang keling yang menggenangi permukiman mereka. Salah seorang warga Jalan Rambutan, Kelurahan Rimbo Sikijang, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai bernama Usman Hanafi mengatakan, bencana ini sudah menahun dirasakan warga Dumai.

“Kami berharap bapak bisa mengatasi ini. Karena bapak ahlinya. Seperti bapak mengatasi bencana asap yang menahun,” ungkapnya dihadapan Andi Rachman.

Kalau rob sudah melanda lanjut Usman, segala aktifitas warga menjadi terhambat. Kerusakan akibat harta benda yang terendam pun sudah tak terhitung nilainya karena sudah terjadi menahun.


(ica/JPC)