Pesona Sebastian Kurz, Kepala Pemerintahan Termuda di Eropa

Pesona Sebastian Kurz, Kepala Pemerintahan Termuda di Eropa - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, WINA – Satu lagi pemimpin muda nan menawan muncul di Benua Biru. Setelah Prancis melantik presiden termudanya, Presiden Emmanuel Macron, kini giliran Austria dengan Sebastian Kurz.

Dalam waktu dekat, pria 31 tahun itu bakal meninggalkan kursi menteri luar negeri dan menjadi kanselir, menggantikan Christian Kern. Dia bakal menjadi kanselir termuda Austria dan Eropa, bahkan dunia.

’’Telah tiba waktunya untuk menerapkan politik gaya baru. Saya bersedia menerima segenap tanggung jawab tersebut dengan segala kerendahan hati,’’ kata Kurz di hadapan para pendukungnya sesaat setelah partainya unggul dalam perolehan suara sementara.

Minggu sore (15/10), Partai Rakyat Austria alias Ousterreichische Volkspartei (OVP) yang Kurz pimpin memperoleh 31,4 persen suara. Hasil resmi perolehan suara pemilu diumumkan lusa (19/10).

Karier Kurz di bidang politik yang baru dia geluti secara serius sekitar delapan tahun terakhir sungguh moncer. Lelaki kelahiran 27 Agustus itu kali pertama mengenal politik di kampus sebagai mahasiswa hukum.

Dia lantas menjadi ketua gerakan kepemudaan OVP pada 2009. Pada 2011, dia memutuskan berhenti kuliah dan berfokus pada karir politiknya.

Tampan dan kaya wawasan, Kurz pun segera memikat hati para petinggi partai. Saat dia meninggalkan pendidikan formalnya di University of Vienna, karirnya terbuka lebar di OVP.

Dia lantas menjadi pejabat penting di Kementerian Dalam Negeri yang mengurusi imigrasi. Sekitar dua tahun kemudian, pemerintah koalisi OVP dan Partai Sosial Demokratik mendapuknya sebagai menteri luar negeri.

Sumber : Jawa Pos

Source link