Pesona Ngadas Nominasi Terbaik 2019

PONCOKUSUMO – Popularitas pemandangan indah Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, kian menasional saja. Buktinya, pesona keindahan desa dataran tinggi berjuluk ”Negeri di Atas Awan” itu masuk nominator peraih Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Ada sembilan desa kompetitor. Di antaranya Dataran Tinggi Batu Runcing Kota Sawahlunto, Bukit Bawang Bakung Kabupaten Lampung Barat, Bukit Kaba Kabupaten Reja Lebong, Bukit Pulo Dua Kabupaten Banggai, Buntu Liara Kabupaten Mamasa.

Kompetitor lain yakni Gunung Kerbau Kabupaten Maluku Barat Daya, kawasan wisata Baturaden Kabupaten Banyumas, Muntea Highland Kabupaten Bantaeng, serta Suligi Hill Kabupaten Rokan Hulu.

”Ngadas masuk dalam kategori Dataran Tinggi Terpopuler,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara kemarin.

Masuknya Desa Wisata Ngadas dalam nominator API 2019 ini, imbuh Made, cukup tepat. ”Selain memenuhi syarat dari aspek geografis, geliat pariwisata di sana (Ngadas) tentunya juga turut menjadi pertimbangan,” terang Made.



Seperti diketahui bahwa di Desa Wisata Ngadas, baik pelaku wisata maupun masyarakatnya, sampai saat ini masih terus berbenah. Meski menjadi salah satu kawasan penyangga utama bagi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pemerintah maupun warga berkeinginan agar Ngadas turut menjadi bagian dari atraksi wisata di kawasan strategis pariwisata nasional tersebut. ”Golnya wisatawan tidak hanya lewat di Ngadas ketika ingin ke Bromo, tapi juga singgah di sana untuk menikmati keindahan panorama maupun atraksi budaya yang dimiliki warga,” sambung Made.

API Award 2019 sendiri merupakan salah satu ajang kompetisi di bidang pariwisata tingkat nasional yang paling bergengsi. Ajang ini digelar guna membangkitkan gairah pariwisata di daerah. Termasuk juga mendorong pemerintah daerah maupun stakeholder terkait agar mempromosikan potensi wisata yang mereka miliki.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting Abdul Muntholib
Fotografer : Rubianto