Pesawat Pemadam Kebakaran Jatuh di Australia, Tiga Kru AS Tewas

JawaPos.com – Kebakaran hutan di Australia kembali membawa korban. Kamis (23/1) pesawat pemadam kebakaran yang sedang beroperasi di wilayah Negara Bagian New South Wales (NSW), Australia, jatuh di tengah operasi water-bombing. Insiden tersebut menewaskan tiga warga AS yang diperbantukan sebagai kru pemadam kebakaran.

Komisioner Rural Fire Service NSW Shane Fitzsimmons mengatakan, tiga petugas tersebut sedang menerbangkan pesawat Hercules C-130 di area Snowy Monaro untuk menjatuhkan bom air ke titik api. Namun, pesawat yang dimiliki perusahaan Kanada Coulson Aviation itu tiba-tiba hilang kontak sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

Pesawat tersebut ditumpangi tiga orang yang merupakan warga negara AS dan kru pemadam kebakaran. Ketiganya dinyatakan tak selamat.

Berdasar laporan awal, pesawat tersebut jatuh dan mengakibatkan bola api saat menghantam tanah. Tim pemadam juga dikirim ke lokasi agar api tersebut tak menyebar dan mengakibatkan kebakaran hutan. Insiden itu menambah daftar korban jiwa kebakaran hutan Australia menjadi 32 orang sejak September 2019.