Pesan Sosial ala Kampung Slogan

KOTA BATU – Desa-desa di Kota Batu mulai bersolek. Beberapa sudut kampung telah dihias warga. Jika sebelumnya ada Kampung Mural di Kelurahan Sisir, kini ada juga namanya Kampung Slogan. Terletak di Jalan TVRI, Desa Oro-Oro Ombo. Serupa dengan Kampung Mural, warna-warni lukisan dan slogan terpampang di beberapa sudut.

Ada slogan Bhinneka Tunggal Ika, slogan tentang demokrasi, hingga slogan berisi kritik sosial. Mengangkat tema tentang penolakan terhadap politik uang di pemilihan umum (pemilu). Camat Batu Aries Setiawan mengakui jika beberapa kampung telah bersolek dengan temanya masing-masing. ”Jadi, satu desa atau kelurahan di sini  (Kecamatan Batu) nanti akan punya kampung tematik sendiri-sendiri,” kata dia.

Sebelumnya, Aries melanjutkan, sudah ada juga Kampung Ekologi di Kelurahan Temas. Untuk yang terbaru, yakni Kampung Slogan, diinisiasi warga sendiri. Proses pengerjaannya pun dilakukan dengan anggaran swadaya. ”Mereka (warga) yang tergerak sendiri untuk menjadikan kampung mereka lebih indah,” kata dia.

Di sisi lain, polesan tersebut juga membuat kondisi jalanan terlihat bersih. Aries tak menutup kemungkinan bakal menggelar lomba-lomba kampung tematik di Kecamatan Batu. ”Iya, nanti akan kami lombakan,” imbuh dia. Adanya kampung tematik tersebut dia harapkan mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan.

 

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Falahi Mubarok