Pertama Kali Nyoba, Mahasiswa UIN Malang Langsung Jadi Finalis Konferensi Internasional

Doni Hermawan, Mahasiswa UIN Malang

KOTA MALANG – Doni Hermawan, Mahasiswa UIN Malang benar-benar merasakan berkah bulan Ramadan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi tersebut baru saja menjadi finalis di Muslim World Conference yang berlangsung tanggal 10-12 Mei lalu.

Doni Hermawan, Mahasiswa UIN Malang (kanan) bersama peserta dari negara lain

Doni mengaku bahwa konferensi yang digelar di International Islamic University Malaysia (IIUM) tersebut merupakan perlombaan ilmiah pertamanya.

“Ini baru pertama kali Mas. Saya juga sempat tak menduga. Tapi alhamdulillah jadi finalis,” kata mahasiswa jurusan manajemen ini saat dihubungi Radar melalui jaringan telepon, Sabtu (16/05).

Untuk berangkat ke Malaysia, alumni pondok pesantren Bahrul Ulum Jombang musti melewati tahap seleksi dahulu. Total ada 55 delegasi yang telah disiapkan Indonesia dari berbagai universitas. Namanyapun lolos untuk tahap selanjutnya, yakni berangkat ke konferensi internasional.

Selain menjadi finalis, dalam konferensi yang bertema perdamaian dan kesadaran halal Doni menjadi Youth Muslim Peace Ambassador atas karya ilmiahnya yang bersanding dengan delegasi negara Malaysia, Gambia, Syria, dan Yaman.



Atas prestasinya ini alumni MAN 3 Jombang ini mendapat rekomendasi untuk melanjutkan kuliah S2 atau S3 di IIUM tanpa melalui tes atau seleksi.

“Saya juga direkom bisa melanjutkan S2 dan S3 di IIUM tanpa selesksi,” ujar pria kelahiran Jombang 22 tahun lalu tersebut.

Selanjutnya, Doni berharap, prestasi ini akan membuat dirinya semakin semangat mendalami dunia karya ilmiah.

“Ke depannya saya akan tetap belajar dan mengikuti beberapa konferensi juga,” pungkas mahasiswa semester 4 ini.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah