KOTA MALANG – Sajian pertunjukan seni nusantara yang dikemas dalam makan malam eksklusif bertajuk Indonesia Cultural Dining Series (ICDS) bulan ini dipastikan akan berbeda dan menarik. Pasalnya, ICDS seri ke 40 yang akan digelar besok (15/3) akan menghadirkan pentas ludruk berjudul Temen Bakal Tinemu.

Pertunjukan komedi khas Jawa Timur ini akan dipentaskan oleh grup kesenian Kota Malang Legi Pahit pimpinan Cak Suroso. Karena merupakan pertunjukan guyonan khas Jawa, maka dipastikan, para tamu akan disuguhi lawakan diiringi lantunan musik gamelan.

Kisah yang diangkat dalam ludruk yang akan ditampilkan di Trta gangga Room ini adalah kemiskinan dua tokoh utamanya, kakak beradik Bejo dan Minah. Alkisah, keduanya hendak mengadu nasib ke kota. Sang ibu, Surti berat hati mengijinkan keduanya merantau.

Bejo dikisahkan berangkat lebih dulu, sang ibu pun membekali dengan sebuah tas yang isinya tak diketahui. Saking jauhnya perjalanan, sampai-sampai Bejo kelelahan dan tak sadar tasnya hilang saat ia ketiduran. Terbangun dengan bingung, Bejo mencari tas yang telah raib.

Di tengah kebingungannya mencari tas, Bejo bertemu dengan Roni. Keluguan Bejo membuat Roni terpikat dan mengajaknya ke rumah. Bahkan Roni membantu mencarikan pekerjaan yang layak bagi Bejo.

Di waktu yang berbeda, Minah juga berangkat ke kota. Di tengah perjalanan, Minah bertemu pemuda bernama Didik yang keluarganya mencari seorang pembantu. Akhirnya, Minah pun melamar sebagai pembantu di keluarga Hartoyo yang notabene ayah Didik.

Sementara waktu datanglah polisi mencari Didik. Ia dituduh mengambil tas di trotoar stasiun. Saat digeledah, Didik melarikan diri dan tas yang dibawanya jatuh. Sebuah foto ikut keluar dari tas. Kaget Minah melihat foto itu ternyata kakaknya bejo.

Minah pun menceritakan jika tas yang dibawa Didik milik kakaknya, Bejo. Malang, Bu Hartoyo malah menuduh Minah kalau dia yang mengatur semuanya dan akhirnya Minah diusir. Namun karena khawatir, keluarga Hartoyo pun mencari Minah.

Di jalan, Minah bertemu Roni pacarnya. Saat Roni membeli rokok,selang beberapa saat Bejo lewat dan bertemu Minah. Mereka berdua kaget dan akhirnya berpelukan menghilangkan rasa lama tidak ketemu. Sayang, Roni datang dan melihat dua bersaudara itu berpelukan. Tanpa ba bi bu, Roni langsung menempeleng Bejo. Bagaimana kisah selanjutnya? Akhir pertunjukan penuh gelak tawa ini bisa disaksikan di ICDS series 40 yang akan digelar esok di Tirta Gangga Room Hotel Tugu Malang.

“Ini kali pertama ludruk ditampilkan di ICDS. Para penikmat seni bisa melakukan reservasi untuk menikmati pertunjukan ini sembari makan malam ekslusif. Buruan reservasi karena seat terbatas,” pungkas Guest Relation Officer Hotel Tugu Malang, Richard Wardana.