Persipura Mata-matai Arema

KOTA MALANG – Arema FC sepertinya harus melipatgandakan kewaspadaannya saat menghadapi Persipura Jayapura  Minggu (20/10). Sebab, tim berjuluk Mutiara Hitam itu sepertinya sangat ingin membalas kekalahan dari pertemuan putaran pertama Liga 1 2019 lalu. Saat itu, Arema FC menang 3-1 atas Persipura Jayapura di Stadion Gajayana (4/7).

Untuk bisa membalas kekalahan itu, pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago sampai rela jauh-jauh datang dan melihat langsung laga Arema melawan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Rabu malam lalu (16/10). Jacksen tidak sendirian. Dia ditemani asisten pelatihnya, Toni Ho.

Apakah kedatangan Jacksen dan Toni Ho ini bentuk ”spionase atau mematai-matai” untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Arema? Jacksen pun mengelak tuduhan tersebut. Menurut dia, kedatangannya ini hanya menonton sepak bola sambil bernostalgia. Sebab, dulu dia pernah membela PSM pada 1995–1996.

”Saya mau nonton dulu, dengan sahabat saya (Assegaf Rasak),” kata Jacksen sambil tersenyum. Meski mengelak, Jacksen terlihat cukup sibuk melihat laga Arema dan PSM yang berlangsung. Terlihat, sesekali pelatih asal Brasil itu berdiskusi dengan Toni Ho dan juga mencatat di buku yang dia bawa.

Bisa jadi yang dilakukan Jacksen ini adalah sebagai persiapan untuk melawan Arema di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (20/10). Tidak banyak komentar yang dikeluarkan Jacksen, pasca Arema kalah 2-6 dari PSM itu. Namun, dia menyebutkan saat ini Persipura juga telah melakukan persiapan menghadapi Arema.

”Kami telah mempersiapkan formula untuk melawan Arema,” kata pelatih yang pernah membawa Persipura Jayapura juara Indonesia Super League (ISL) musim 2012–2013. Pada laga ini, Jacksen punya target besar. Dia tidak ingin menelan kekalahan yang kedua dari Arema di musim ini. ”Tim kami siap untuk memetik poin penuh,” tandas Jacksen.

Mengetahui timnya diamati pelatih Persipura Jayapura, pelatih Arema FC Milomir Seslija cukup tenang. ”Saya rasa dia (Jacksen) tidak mendapatkan sesuatu dari pertandingan kemarin,” kata pelatih yang akrab disapa Milo tersebut. Sebab, dia menjelaskan, timnya tidak akan menerapkan permainan yang sama di laga melawan Persipura Jayapura nanti.

Pewarta : nr9
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro