Persiapan UNBK SMP, Disdik Gelar Simulasi

 

KOTA BATU – Persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terus dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu. Salah satunya dengan menggelar simulasi di tingkat SMP pada 28–31 Januari mendatang. Para siswa akan dilatih untuk terbiasa mengerjakan soal ujian berbasis komputer.

”Latihan untuk mengerjakan soal di depan komputer ini bertujuan agar siswa tidak grogi atau canggung,”  terang Endro Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Batu Wahjudi ST. Dia menyatakan, simulasi akan digelar dua kali. Sementara terkait kesiapan komputer untuk mengerjakan soal, Endro yakin sudah terpenuhi 100 persen. Hanya saja, ada satu sekolah yang belum bisa terakses oleh internet, yaitu SMP Satap Gunungsari 4. ”Di sana (SMP Gunungsari 4) jaringan internet belum masuk, mau naruh komputer juga percuma,” tambahnya.

Sebelum pelaksanaan simulasi UNBK SMP se-Kota Batu, disdik juga melakukan sinkronisasi dengan sekolah terkait. ”Fungsinya untuk mengecek persiapan dari segi peralatan, teknisi, dan proktor,” terang Endro. Nantinya, ketika pelaksanaan, di setiap sekolah ada satu teknisi untuk mengantisipasi jika terjadi hambatan, salah satunya hambatan akses internet. ”Jumlah (proktor) per kelas ada satu orang,” tambahnya.

Persiapan lainnya, Disdik Kota Batu juga bekerja sama dengan TV lokal untuk menyiarkan acara bimbingan belajar secara langsung. Materi yang akan disiarkan meliputi mata pelajaran yang menjadi bahan soal UNBK itu sendiri. ”Mulai 6 Maret, hampir setiap hari tayang dalam empat minggu, pukul 16.00–17.00,” terangnya.



Perlu diketahui, jumlah siswa SMP sederajat di Kota Batu mencapai 3.290 siswa. Sedangkan total komputer yang dimiliki sekitar 350 unit untuk SMP negeri dan 113 unit untuk SMP swasta. Dengan catatan persebaran komputer setiap sekolah berbeda-beda, menyesuaikan murid di dalamnya. ”Sehingga pelaksanaannya nanti ada beberapa sesi, maksimal tiga sesi tapi kalau bisa dua sesi saja,” pungkasnya.

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy Editor          : Amalia Safitri
Penyunting          : Ahmad Yani