Persebaya Petik Kemenangan Pertama di Piala Presiden 2018

Persebaya Petik Kemenangan Pertama di Piala Presiden 2018

Persebaya tak banyak mengubah komposisi pemain. Pelatih Angel Alfredo Vera mempertahankan mayoritas pemain yang diturunkan pada laga lawan PS TIRA (TNI). Hanya Misbakhus Solikin yang menjadi pembeda. Ia menempati posisi di lapangan tengah bersanding dengan Nelson Alom dan Rendi Irwan.

Green Force – julukan Persebaya, tampil agresif sejak menit pertama. Mereka tak hanya mengandalkan Ferinando Pahabol, juga banyak mengancam lewat tusukan-tusukan Rishadi Fauzi, Rendi Irwan, dan Solikin. Mereka membuat lini belakang Perseru kerepotan sepanjang 20 menit pertandingan berlangsung.

Irfan Jaya turut mencetak satu gol ke gawang Perseru Serui
(Angger Bondan/Jawa Pos)

Persebaya memperoleh kesempatan dari tendangan jarak jauh Feri Pahabol menit ke-30. Namun arah bola melambung dari sasaran. Seisi stadion berdiri setelah Pahabol dan Rishadi Fauzi dijatuhkan di kotak penalti pada menit ke-32. Namun wasit tak menganggap insiden ini sebagai sebuah pelanggaran.

Peluang untuk Persebaya kembali hadir pada menit ke-34. Sayang sundulan Otavio Dutra mengarah tepat ke tangkapan penjaga gawang Perseru. Gol untuk Persebaya akhirnya tercipta pada menit ke-41 melalui Rishadi Fauzi. Dimulai dari umpan silang Feri Pahabol, sundulan Fauzi sukses mengoyak gawang Perseru. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.



Persebaya menemui jalan buntu pada awal babak kedua. Serangan yang mereka bangun selalu dipatahkan lini belakang Perseru. Untuk membongkar kebuntuhan di lini depan, Alfredo Vera lantas menurunkan Irfan Jaya dan Osvaldo Haay untuk menggantikan Oktafianus Fernando dan Rendi Irwan pada menit ke-62.

Kehadiran kedua pemain ini membuat serangan Persebaya, terutama dadi sisi sayap, menjadi lebih hidup. Peluang kembali didapat dari tendangan Rishadi Fauzi pada menit ke-71. Namun arah bola mengarah ke penjaga gawang.

Peluang emas untuk Persebaya diperoleh dari aksi Pahabol pada menit ke-78. Namun kesempatan ini masih bisa digagalkan bek Perseru. Demikian halnya dengan kesempatan Irfan Jaya pada menit ke-80 yang berhasil diblok kiper Annas Fitrianto.

Persebaya hampir mencetak tambahan gol pade injury time. Sayang, sepakan Irfan Jaya membentur mistar gawang. Irfan Jaya akhirnya mencetak gol beberapa saat sebelum wasit meniup peluit panjang. Sepakan keras kaki kanannya menyempurnakan kemenangan Persebaya menjadi 2-0.

SUSUNAN PEMAIN
Perseru Serui: Annas Fitrianto, Ata Geldiyev, Dominggus Fakdawer, Indra Permana, Kelvin Wopi, Nerius Alom (Ronaldo Mesido, 46′), Ricardo Sendra, Jaelani Arey (Tomy Ayomi,46′), Lukas Mandowen (Alba Serkadifat,59′), Silvio Escobar, Anis Nabar
Pelatih: Alexander Saununu

Persebaya Surabaya: Dimas Galih, Abu Rizal Maulana, Ruben Sanadi, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Nelson Alom , Misbakhus Solikin (Sidik Saimima, 88′), Rendi Irwan Saputra (Osvaldo Haay,62′), Oktafianus Fernando (Irfan Jaya,62′), Ferinando Pahabol, Rishadi Fauzi (Adam Maulana, 76′)
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Wasit: Muslimin (Makassar)


(saf/JPC)