Persaingan Digital Makin Ketat, Open Source Bisa Diandalkan

JawaPos.com – Ketangguhan software open source tampaknya semakin bisa diandalkan. Bahkan open source dinilai bisa menjadi solusi untuk memenangkan persaingan era digital yang semakin ketat. Selain andal dan aman, software berbasis open source juga menawarkan kebebasan dan keleluasaan ketimbang software berlisensi.

PT Equnix Business Solutions menemukan bahwa peralihan dari software lisensi berbayar ke open source bisa menghemat setidaknya sekitar 50 persen dari total anggaran IT pada sistem tersebut. “Untuk bisa bersaing, perusahaan harus memiliki infrastruktur TI yang mumpuni karena itulah PostgreSQL hadir sebagai solusi,” ujar Julyanto Sutandang, pakar PostgreSQL sekaligus CEO PT Equnix Business Solutions dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/1).

Menurut dia, sistem database open source performanya terbukti lebih unggul dibanding sistem database berbayar manapun. “Selain kemandirian berkat lisensi non-komersial berbasiskan open source, PostgreSQL memiliki skalabilitas jauh lebih baik,” katanya.

Selain itu, tumbuhnya perusahaan startup yang semakin mmenjamur juga dikatakan tak mungkin bisa terjadi jika tanpa peran software open source. “Tak mungkin mereka akan berkembang pesat jika sejak awal mereka sudah terbenani dengan biaya tinggi untuk software. Efisiensi biaya hanya bisa terjadi dengan menggunakan software open source,” uterangnya.

Perusahaan startup ini, lanjutnya, sudah mulai menggeroti perbankan dan Old Establish Enterprise lainnya. “Revolusi industri modern akan dimulai dari sini. Kita harus mampu berubah dan mendisrupsi diri kita kalau tidak mau dilibas oleh mereka,” sambungnya.

Sementara di sisi perbankan, persaingan yang sangat ketat juga menuntut efisiensi tinggi dan sistem database open source PostgreSQL akan menjadi solusi untuk Database RDBMS. Performanya yang tinggi akan menjadikan perusahaan tidak lagi tergantung pada sistem database komersial. “PostgreSQL adalah raja database untuk sistem transaksional tinggi yang dapat digunakan sebagai alternatif utama dalam dunia bisnis,” jelas Julyanto.

Diketahui, PostgreSQL diklaim merupakan RDBMS dengan fitur paling lengkap di dunia saat ini dan dinobatkan sebagai RDBMS of the Year 2018 oleh DB-Engine selama dua tahun berturut-turut. Di sisi popularitas, DB-Engines melaporkan bahwa database open source mengalami peningkatan popularitas setiap tahunnya sejak 2013 dan telah menggerus pangsa pasar database komersial. Sekalipun database komersial masih memimpin pasar, tapi database open source menunjukkan tren penguatan untuk menjadi mayoritas dalam tempo 12 hingga 18 bulan mendatang.