Perpus SMKN 4 Jadi Rujukan Nasional

Keberadaan perpustakaan SMKN 4 banyak menjadi referensi bagi sekolah lain. Maklum saja, perpustakaan yang diresmikan Menteri Pendidikan Dr.Muhadhir Effendy MPA tahun lalu tersebut masuk daftar rujukan nasional. Bangunan tiga lantai ini pun banyak mendapat kunjungan SMA dan SMK se tanah air

?

MALANG KOTA – Keberadaan perpustakaan SMKN 4 banyak menjadi referensi bagi sekolah lain. Maklum saja, perpustakaan yang diresmikan Menteri Pendidikan Dr.Muhadhir Effendy MPA tahun lalu tersebut masuk daftar rujukan nasional. Bangunan tiga lantai ini pun banyak mendapat kunjungan SMA dan SMK se tanah air.

Mokhamad Rukhan, pustakawan SMKN 4 menjelaskan sebelum, ditunjuk menjadi rujukan nasional, perpustakaan ini sudah mendapat akreditasi A sebagai perpustakaan sekolah terbaik dari Perpustakaan Nasional. ”Sebelumnya sudah pernah juara kedua terbaik se-Jawa Timur dalam lomba antar perpustakaan dan piagam diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo,” ujarnya.

Oleh karena itu, ada banyak SMA dan SMK yang mampir ke perpustakaan ini untuk studi banding. ”Untuk yang saya ingat betul, kami pernah didatangi SMK Karya Mulya Palangkaraya, SMKN 1 Sidoarjo, pernah ada juga yang dari Sulawesi dan dosen UB serta UM yang datang untuk melakukan penelitian skripsi dan tesis di sini,” ujarnya.

Pria yang juga mendapat predikat pustakawan terbaik se Jawa Timur ini menjelaskan, ada banyak SMA dan SMK yang datang berkunjung karena ingin melihat kelebihan perpustakaan tiga lantai milik SMKN 4 Grafika. Kelebihan perpustakaan ini selain pada bangunannya, ada pada jumlah koleksi bukunya. ”Ada sekitar 12.000 judul buku dan kalo ditotal ada 50.000 koleksi buku termasuk buku langka,” ujarnya.

Bangunan tiga lantai ini memiliki desain antar lantai yang berbeda. Pada lantai pertama tersedia meja perpustakaan dan rak besar. Sedangkan di lantai dua ada lesehan dan pajangan buku-buku teknik serta mesin yang cukup tua.  Yang istimewa dari perpustakaan ini berada di lantai tiga. Didesain lebih modern, tempat ini dilengkapi bioskop kecil yang bisa memutar film 3D. Disisi lain, ada ruang pameran hasil karya anak-anak dan ruangan belajar yang dilengkapi wifi.

Pewarta : NR2
Penyunting : Ahmad yani
Foto : Sandra