Pernikahan Kahiyang-Bobby jadi Paling So Sweet Sepanjang 2017

Dimulai dengaan ketertarikan mereka di kampus hingga akhirnya melangkah ke pelaminan pada 8 November 2017. Tentu rasa bahagia tak bisa diungkapkan dengan kata-kata di hati orang nomor satu di negeri ini, Joko Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi.

Kahiyang berjumpa dengan Bobby di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Saat itu, keduanya sama-sama menempuh studi S-2. Kahiyang pun semakin percaya diri dan tak malu-malu lagi mengumumkan hubungan cinta mereka melalui media sosial. Foto mereka diunggah pada 19 Januari 2016 lalu.

Kemesraan kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution
(doc. JawaPos.com)

Kisah cinta mereka diperkuat dengan unggahan video blog (vlog) sang adik, Kaesang Pangarep. Padahal sebelumnya, Kahiyang disebut-sebut sedang menjalin kasih dengan seorang pilot ganteng.

Namun takdir berkata lain. Jodoh Kahiyang ternyata seorang pria berdarah Batak, putra almarhum mantan Dirut PTPN IV, Erwin Nasution. Kahiyang mengaku bahwa suaminya-lah yang naksir dan mengejarnya lebih dulu.Kedekatan Bobby dan Kahiyang berlanjut saat mereka jalan-jalan ke Dufan.

Lamaran pun berlangsung, persiapan pernikahan mulai dilakukan sejak tiga bulan sebelum hari H. Dipimpin sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, perhelatan pernikahan Kahiyang-Bobby berlangsung meriah di Graha Saba, Solo, namun tetap sederhana.

Rangkaian pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mulai digelar pada 7 November 2017. Prosesi adat pun dilakukan dari mulai bleketepe dan midodareni.

Sama seperti pernikahan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka waktu itu, dua prosesi ini juga dilakukan. Prosesi dalam pernikahan adat Jawa ini menjadi simbol sakral dengan sejuta makna. Bleketepe adalah pemasangan daun kelapa yang masih hijau dan dianyam. Bleketepe memiliki makna perwujudan simbol kesucian para dewa di kahyangan yang dinamakan Bale Katapi

Sedangkan Midodareni adalah salah satu rangkaian prosesi adat Jawa di malam hari. Pada malam itu pengantin pria datang ke rumah pengantin putri atau disebut dengan ‘Njonggol’ atau menampakkan diri. Menurut pernikahan adat jawa, Midodareni adalah sebuah prosesi menjelang acara panggih dan akad nikah.

Midodareni sendiri berasal dari kata widodari yang dalam bahasa Jawa bermakna bidadari. Sehingga dipercaya pada malam nanti para bidadari dari khayangan turun ke bumi dan mempercantik Kahiyang Ayu sebagai calon mempelai. Berbagai tahapan midodareni juga terdiri dari banyak prosesi.

8 November 2017, hari bahagia Kahiyang-Bobby pun tiba. Prosesi akad nikah berlangung dengan diiringi saksi nikah Wakil Presiden Jusuf Kalla. Saat itu, Kahiyang Bobby tampil tegang dan bahagia di balik balutan beskap dan kebaya khas Jawa bernuansa hitam.

Tak berhenti sampai di sana, hari bahagia masih berlanjut hingga prosesi Ngunduh Mantu di kediaman Bobby di Medan, Sumatera Utara. Dalam prosesi Ngunduh Mantu, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu memperoleh gelar bangsawan.

Bobby mendapatkan gelar Sultan Kumala Abdul Rachman Raja sedangkan Kahiyang Ayu mendapatkan marga “Siregar” oleh pemangku adat Tapanuli Selatan. Kini keduanya tengah diliputi hari-hari bahagia. Semua rakyat tentu berharap Kahiyang-Bobby langgeng selamanya dan diberikan keturunan yang saleh dan saleha.


(ika/JPC)