Permudah Wajib Pajak, Siapkan Virtual Account

KEPANJEN – ”Dunia dalam genggaman”. Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan era sekarang yang serba digital itu coba diikuti Pemkab Malang. Seperti yang baru-baru ini dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang.

Upaya memberi kemudahan untuk para wajib pajak (WP) dilakukan mereka. Jika sebelumnya aplikasi Sipanji (Sistem Informasi Pajak Daerah Mandiri) hanya bisa diakses warga via website, kini tidak lagi.

Sebab, sistem itu telah tersedia dalam aplikasi Android (Play Store). Pembayarannya pun dapat dilakukan lewat virtual account (VA). Dengan begitu, semua WP di kabupaten tidak perlu repot-repot lagi membuka website resmi bapenda.

Tapi, cukup klik satu jari di HP pintar dan mengunduhnya dengan gratis. ”Sipanji di Play Store ini belum kami sosialisasikan secara luas. Rencananya, baru akhir bulan nanti.

Tapi sudah bisa diunduh,” terang Kepala Bapenda Kabupaten Malang Dr Purnadi SH MSi.”Sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, Sipanji sendiri telah diakses sekitar 4.000-an WP aktif,” sambung dia.

Dia menjelaskan, untuk mengakses Sipanji dari smartphone, wajib pajak bisa masuk menggunakan user name maupun password nomor pokok wajib pajak daerah (NPWPD) masing-masing. ”Semua WP yang telah terdaftar, pasti memiliki NPWPD. Nanti password bisa diubah,” ujarnya.

Dengan mengunduh Sipanji ini, masih kata Purnadi, maka WP bisa melaporkan sekaligus membayar pajak tertanggung. Sekaligus dapat memastikan apakah pembayaran telah masuk dalam data based bapenda maupun bank rekanan.

Pembayaran pun tak perlu dilakukan di kantor bapenda, karena bisa dilakukan via transfer, e-banking, maupun mobile banking.

”Wajib pajak yang non nasabah Bank Jatim, bisa menggunakan kode VA. Dan semua data terekam secara digital,” beber mantan kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang tersebut.

Lebih lanjut semua pembayaran pajak melalui VA tersebut, langsung masuk ke kas daerah (kasda). Sehingga WP tidak perlu takut pembayaran pajaknya disalahgunakan.

”Tujuan kami meningkatkan trust (kepercayaan) WP sekaligus mempermudah WP mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pajak. Kami menyebutnya dengan layanan all in one,” kata dia Purnadi.

Pewarta : Nenny Fitrin
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya