Permudah Komunikasi Internasional dengan Aplikasi

Bagi Anda yang punya kendala dalam berkomunikasi dengan orang asing tak perlu khawatir lagi. Karena saat ini sudah ada aplikasi khusus untuk menerjemahkan bahasa asing dan isyarat.

Nama aplikasinya adalah Spetra (Speech Translation App). Spetra merupakan sebuah aplikasi untuk memudahkan kendala komunikasi internasional dalam bentuk bahasa asing maupun isyarat dan aplikasi ini harus dapat digunakan langsung secara tatap muka.

Sedangkan aplikasi ini dibuat oleh tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM): Arief Yoga Pangestu, Edward Mesak Dua Padang, dan Adjie Rosyidin.

”Jika dengan Google Translate harus tekan tombol dulu untuk merekam suara atau mengetik dulu, kalau pakai ini tidak (langsung bisa komunikasi melalui aplikasi ini, Red),” kata Edward Mesak Dua Padang, salah satu anggota tim, kemarin.

Ide awal pembuatan aplikasi ini karena sebagian besar kendala dalam berkomunikasi dengan orang asing adalah masalah bahasa.

Sedangkan untuk mempelajari bahasa asing dibutuhkan waktu. ”Dengan aplikasi ini, tanpa paham bahasa asing, sudah bisa berkomunikasi,” terangnya.

Hanya saja, timnya terus mengembangkan aplikasi tersebut. Karena masih dalam bahasa Inggris ke Indonesia, atau sebaliknya. ”Ke depan akan kami kembangkan ke bahasa asing lain,” tandas dia.

Pewarta : nr4
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin