Permintaan Tinggi, Industri Plastik Diprediksi Bakal Terus Moncer

JawaPos.com – Produk plastik masih jadi andalan untuk mendukung berbagai aktivitas di Indonesia. Prospek industri ini diprediksi akan terus tumbuh seiring dengan tingginya permintaan terhadap produk plastik di Indonesia.

“Prospek industri plastik dan daur ulang ke depannya saya lihat akan bertumbuh karena dari sisi ekonominya ini memang sangat dibutuhkan,” ucap Ketua Umum Indonesia Plastic Recycles (IPR), Ahmad Nuzuluddin di Penang Bistro, Jakarta, Selasa (05/11).

Menurutnya, pertumbuhan ini akan terus berlanjut dengan bertahap. Pasalnya, plastik akan tetap menjadi pilihan sebagai pengemasan.

“Tidak bisa digantikan dengan daun pisang, misalnya mau ekspor atau kirim barang itu kan juga di packaging di dalam plastik untuk mencegah kerusakan. ini yang menurut kami bahwa plastik ini masih dibutuhkan,” tambah Ahmad.

Tren industri ini juga dipicu oleh pertumbuhan pasar di Indonesia, industri plastik dan karet menjadi sektor yang mendapat prioritas pengembangan dari pemerintah Indonesia sesuai Rencana lnduk Pembangunan lndustri Nasional (RIPIN) 2015-2035. Pemain di hilir industri plastik Iainnya adalah perusahaan-perusahaan pembuat, pengisian, dan teknologi pengemasan.

Event Director PT Pamerindo Indonesia, Maysia Stephanie saat menjelaskan rencana Pameran Plastics & Rubber Indonesia 2019 di Penang Bistro, Jakarta, Selasa (05/11). (Saifan Zaking/JawaPos.com)

Namun, sayangnya masyarakat masih beranggapan bahwa plastik merupakan suatu hal yang negatif. Dengan begitu, hal ini merupakan tantangan bagi para pelaku bisnis untuk mengedukasi masyarakat.

“Secara ekonomi plastik-plastik itu dibutuhkan, setelah jadi sampah, plastik juga masih bernilai ekonomi. Ini yang menjadi tugas berat dari kami, asosiasi daur ulang untuk menjelaskan hal itu. Jadi ekosistemnya ini yang harus bekerja maksimal, ya kami para asosiasi, pemerintah, industri, dan pembuat mesin yang bisa menggunakan bahan-bahan daur ulang,” tutur dia.

PT Pamerindo Indonesia berencana menggelar  Pameran Plastics & Rubber Indonesia 2019  untuk yang ke-32 kalinya akan menampilkan berbagai teknologi terbaru yang  mengusung tema “The Future of Plastic”. Pameran plastik terbesar di Asia Tenggara ini  akan digelar  20 hingga 23 November 2019 di Jakarta lnternational Expo (JIExpo) Kemayoran.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking