Perlancar Birokrasi, Bersiap Tambah Lahan Parkir

KEPANJEN – Sejumlah upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk memperlancar aktivitas pemerintahan di Kepanjen. Setelah memboyong empat organisasi perangkat daerah (OPD) ke kompleks kantor Bupati Kepanjen, tidak lama lagi Plt Bupati Malang H.M. Sanusi akan menambah fasilitas lahan parkir di pendapa.

Lokasinya di lahan kosong, sebelah barat Masjid Al Istiqomah Pendapa. ”Sebab, selama ini kalau dipakai salat Jumat sudah tidak cukup (parkirannya),” kata Sanusi saat ditemui Selasa (10/9). Seperti diketahui, saat ini kompleks Pendapa Kabupaten Malang sudah memiliki tiga lahan parkir kendaraan.

Dua petak di bagian depan kantor untuk parkir kendaraan roda dua. Juga satu petak di bagian belakang pendapa untuk parkir kendaraan roda empat. Dengan ditambahnya tempat parkir baru tersebut, artinya akan ada empat petak lahan parkir di kompleks pendapa.

”Nanti fungsinya bukan hanya untuk parkir, tapi juga untuk kegiatan-kegiatan outdoor. Baik olahraga maupun pertunjukan seni dan budaya,” jelas Sanusi. Sebagai tambahan, untuk meningkatkan pelayanan dalam roda pemerintahan, pemkab juga menyiapkan kendaraan angkutan untuk aparatur sipil negara (ASN) dari Pendapa Agung (di Kota Malang) ke Pendapa Kabupaten Malang (di Kepanjen).

”Kendaraan ini untuk memfasilitasi ASN yang tinggal di Kota (Malang). Supaya tidak kesulitan untuk menjangkau tempat bekerjanya di Kepanjen,” imbuh Sanusi. Empat unit bus milik pemkab tersebut mulai beroperasi terhitung sejak 1 September lalu. Seluruhnya beroperasi saat jam berangkat dan pulang kerja. ”Minimal bisa mengurangi ongkos operasional mereka (ASN),” jelas Sanusi.



Seperti diketahui, sejak Juni lalu ada empat OPD yang berpindah kantor ke Pendapa Kabupaten Malang. Yakni, dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DPPKB), dinas lingkungan hidup (DLH), badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangpol), dan badan penelitian dan pengembangan pemerintah daerah (balitbangda).

Pewarta : Farik Fajarwati, Adv
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya