Perkuat Pendidikan Karakter, Wali Kota Malang Ingin Hapus Calistung

KOTA MALANG – Focus Group Discussion (FGD) Calistung dan Pendidikan Karakter Siswa yang digelar Dinas Pendidikan Kota Malang dan Jawa Pos Radar Malang di Hotel Aria Gajayana Malang, Rabu (12/12) berlangsung gayeng.

Wali Kota Malang Sutiaji yang menjadi keynote speaker mengatakan dengan pendidikan tanpa calistung ( baca, tulis, berhitung) untuk anak TK dan siswa kelas 1-2 SD diharapkan bisa membentuk karakter siswa yang kuat. “Kalau karakter sudah terbentuk, anak-anak tidak perlu mikir kalau mau masuk kamar mandi, kaki kanan atau kaki kiri dulu,” ujarnya.

Namun lanjut dia, saat ini banyak yang masih bingung mau masuk kamar mandi, sehingga harus mikir dulu. Dengan penanaman pendidikan karakter sejak dini, Sutiaji yakin jika sudah dewasa anak-anak akan terbiasa untuk melakukan kegiatan yang berkarakter tersebut.

Sutiaji mengatakan untuk mencapai tujuan ini di Kota Malang dia ingin menerapkannya di tingkat TK dan siswa kelas 1-2 SD.

Di jenjang tersebut digencarkan pendidikan karakter dengan salah satu caranya adalah menghilangkan pendidikan calistung. Supaya penerapan pendidikan karakter bisa berjalan maksimal.



Karena dia menilai pendidikan calistung belum terlalu perlu untuk anak anak di tingkatan tersebut.

Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Darmono