Perkuat Kualitas Program Doktor, Unmer Malang Gandeng Universitas Indonesia

MALANG KOTA – Kolaborasi antar perguruan tinggi sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Termasuk dalam memodifikasi kurikulum yang sesuai dengan tuntutan global.

Itulah yang dilakukan oleh Pascasarjana Universitas Merdeka (Unmer) Malang. Untuk meningkatkan mutu pendidikannya, Unmer berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI).

Kolaborasi ini difasilitasi oleh Dirjen Belmawa Dikti Kemenristekdikti.

“Kolaborasi ini sangat penting bagi program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Unmer Malang menuju peringkat Akreditasi A dari BAN-PT. Kami telah mempersiapkan materi yang dibutuhkan,” Kata Direktur Pascasarjana Unmer Malang, Prof. Dr. Grahita Chandrarin, SE., M.Si., Ak., CA.

Grahita menjelaskan bahwa upgrading kurikulum dan materi perkuliahan menjadi hal yang penting untuk Program Studi. Terutama bagi Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (S3) Pascasarjana Unmer Malang.



Kolaborasi ini terimplementasi dalam kegiatan bedah kurikulum yang berlangsung pada 8- 9 Agustus 2019 lalu. Bedah kurikulum menghadirkan narasumber Ketua Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Indonesia, Ir. Sugiarso Safuan, M.E., Ph.D.

Dalam kegiatan ini, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Unmer Malang, Dr. Junianto Tjahjo Darsono, SE., MM. menjabarkan tentang kurikulum perkuliahan. Termasuk metode pembelajaran dengan teknologi yang mendukung adapun narasumber memberikan review dan saran positif bagi pengembangan kurikulum di masa yang akan datang.

Rektor Unmer Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si., memberi apresiasi positif kegiatan ini. “Semoga setelah kegiatan ini, Program Studi Doktor ilmu Ekonomi Unmer Malang dapat mengambil pengalaman dan best practice dari narasumber sehingga dalam waktu dekat bisa setara dengan Universitas Indonesia sebagai mitra kolaborasi, ” kata dia.

Foto : Unmer
Editor : Indra Mufarendra