Perkuat Karakter Siswa SLB lewat Pramuka

SUMBERPUCUNG – Sekitar 120-an siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Kabupaten Malang kemarin (22/9) memadati lapangan SMA Negeri 1 Sumberpucung. Mereka berkumpul untuk mengikuti kegiatan Jambore Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK).

Kegiatan di bidang Pramuka tersebut biasa dilakukan setiap dua tahun sekali. Meski berkebutuhan khusus, namun hal itu tidak menjadi kendala seluruh siswa yang hadir. Mereka tetap antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang dilaksanakan sejak Sabtu (21/9) hingga kemarin (22/9) itu.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kabupaten Malang Drs Trisno Widodo menuturkan bila kegiatan itu memang digelar dengan tujuan menumbuhkan nilai karakter bagi setiap siswa berkebutuhan khusus di Kabupaten Malang. ”Pada dasarnya setiap siswa memiliki hak yang sama, tanpa memandang kekurangan dan kelebihan masing-masing,” tutur dia.

Pria yang juga menjabat sebagai kepala SMP Negeri 1 Pakisaji itu melihat bila Pramuka adalah salah satu wadah tepat untuk tujuan tersebut. Beberapa aspek pendidikan yang bisa didapat seperti sosial, fisik, emosional, intelektual, dan spiritual. ”Dengan metode yang diterapkan dalam kegiatan Pramuka, misalnya belajar di alam terbuka dan belajar sambil praktik,” imbuhnya.

Senada dengannya, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang Hj Jajuk Sulistyowati menyatakan bahwa kegiatan itu bisa menjadi solusi praktis bagi penguatan pendidikan karakter anak.

Sebab, di dalam Pramuka juga turut diajari harmonisasi hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. ”Seluruh poin itu bisa didapat dalam kegiatan Pramuka semacam ini,” kata dia. 

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya