Perkuat Jaringan, Uhamka dan PTM Kunjungi Universitas di Korsel

Perkuat Jaringan, Uhamka dan PTM Kunjungi Universitas di Korsel

Dalam kunjungan yang berlangsung sejak 29 Januari hingga 3 Februari 2018 tersebut, delegasi melakukan berbagai pertemuan penting dengan tiga universitas di Korsel yakni Busan University of Foreign Studies, Dong A University, dan Woosuk University.

Delegasi terdiri atas 15 orang, yang terdiri atas rektor, wakil rektor, dekan maupun kepala urusan internasional termasuk dari Uhamka, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Luwuk, Universitas Muhammadiyah Palu, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Stikes Muhammadiyah Gombong, dan Stikes Muhammadiyah Kudus.

“Kami mengunjungi, berdiskusi dan meninjau fasilitas kampus di Busan. Juga menandatangani nota kerja sama dengan Dong A University dan Woosuk University. Tujuannya menjajaki kerjasama,” ujar Rektor Uhamka Profesor Suyatno, Jumat, (2/2).

Rombongan yang didampingi oleh Profesor Je Dae Sik juga mengunjungi masjid di Busan dan Seoul.

Diskusi, terang Suyatno, dilaksanakan untuk menjajaki kerja sama di bidang dosen tamu, pertukaran staf dan mahasiswa, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, double degree, studi lanjut, seminar internasional, dan kegiatan lain yang saling menguntungkan.



Dalam pertemuan dengan para petinggi Donga A University, Suyatno melakukan negosiasi subjek bidang kerjasama antara Dong A University dengan PTM.

Menurut Suyatno, prioritas kerjasama dengan Dong A University antara lain program visiting profesor khususnya di bidang teknik, administrasi bisnis, ekonomi, dan kesehatan.

Lalu program dual degree, student mobility, international conference, pengiriman dosen untuk studi lanjut program PhD, kolaborasi joint research khususnya dalam bidang teknik, dan juga peluang beasiswa. Penandatangan MoU dilaksanakan sebagai payung hukum kerja sama untuk ditindaklanjuti.

Direktur Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto Santhy Hawanti menjelaskan, kegiatan kunjungan atau studi banding ke Korsel ini sekaligus memperluas dan memperkuat jejaring PTM dengan perguruan tinggi Korea.


(met/JPC)