Perkiraan Puncak Arus Mudik Pelabuhan Merak H-3 Lebaran

Perkiraan Puncak Arus Mudik Pelabuhan Merak H-3 Lebaran

RADAR MALANG ONLINE – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menuturkan, ada perbedaan puncak arus mudik antara jalur darat dengan jalur laut, terutama di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni. Puncak arus mudik jalur ini diperkirakan baru akan terjadi pada H-3 hingga H-1 lebaran.

“Kalau di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur diperkirakan arus mudiknya itu akan terjadi secara terus-menerus dari Jumat kemarin hingga insya Allah sampai nanti malam,” kata Puan saat meninjau Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6).

Prediksi tersebut adalah untuk mudik jalur darat. Namun, puncak arus mudik di penyeberangan Merak-Bakauheni justru baru akan terjadi pada H-3 hingga H-1 lebaran.

“Jadi, ada perbedaan antara arus mudik melalui darat dengan arus mudik melalui kapal laut,” ujarnya.

Oleh karena itu, Puan pun mengimbau pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasi puncak arus mudik tersebut. Kontingensi untuk mengantisipasi hal-hal yang ada di sekitar pelabuhan harus disiapkan dengan baik.

“Itu segera harus disiapkan. Sehingga dalam arus mudik 2018 ini seluruh masyarakat bisa merasakan mudik lebaran itu dengan guyub, rukun, tertib, gembira, dan bahagia,” pungkasnya.

(rdw/JPC)