Perjalanan Karier Tio Pakusadewo, Telah Bintangi Puluhan Judul Film

Bagaimana perjalanan karier Tio Pakusadewo?

Tio Pakusadewo perdana membintangi film pada tahun 1987 lewat judul Bilur-bilur Penyesalan. Perannya dalam film tersebut, membuat pria kelahiran 54 tahun itu membawanya terlibat dalam beberapa film lainnya setelah tahun tersebut.

Tetapi, Pria kelahiran 2 September 1963 itu mulai dikenal oleh publik berkat aktingnya dalam film layar lebar Cinta Dalam Sepotong Roti karya Garin Nugroho pada 1990. Atas aktingnya, dia dianugerahi penghargaan Aktor Tebaik dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) tahun 1991.

Sempat menghilang, Tio Pakusadewo kembali eksis pada 2004. Saat itu, dia membintangi film Virgin, dan beberapa film lainnya. Seperti, Berbagi Suami (2006), Quickie Express (2007), Lastri (2008), Pintu Terlarang (2009).



Pada 2009, Tio Pakusadewo kembali meraih kategori Aktor Terbaik dalam ajang FFI tahun 2009. Sementara, Piala Citra diraihnya berkat perannya dalam film Identitas.

Sejak saat itu, nama Tio Pakusadewo tidak pernah tenggelam lagi. Hampir di tiap tahun dia muncul dalam film layar lebar. Seperti, film Sang Penari, Perahu Kertas, Republik Twitter, The Raid 2: Berandal Bangun, Marmut Merah Jambu, Bulan di Atas Kuburan, Surat dari Praha, Pertaruhan, Moammar Emka’s Jakarta Undercover, Bukaan 8, Night Bus, Filosofi Kopi 2: Ben & Jody, dan Ngawur.

Namun sayang, sepak terjang dan prestasinya dalam industri perfiman tercoreng karena kasus narkoba. Dia ditangkap oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya di rumahnya Kawasan Ampera, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Saat ini, pemeran dalam film Filosofi Kopi tersebut masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


(ded/JPC)