Peringati Hardiknas CEO BUMN-BUMD Mengajar di SD–SMA…

MALANG KOTA – Untuk kali keempat, Jawa Pos Radar Malang membuat program out of the box. Namanya CEO BUMN-BUMD Mengajar. Program ini bagian dari cara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh 2 Mei ini. Itu salah satu bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Berbeda dengan program sebelumnya, pada tahun ini, tokoh yang mengajar adalah para pimpinan tertinggi di perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) maupun badan usaha milik daerah (BUMD). Mereka yang selama ini banyak fokus dalam dunia bisnisnya, khusus di Hari Pendidikan Nasional ini, mendadak harus jadi guru. Mereka akan mengajar layaknya guru profesional di hadapan para siswa di sejumlah sekolah. Mulai dari tingkat SD maupun SMA.

Total ada 17 chief executive officer (CEO) yang mengajar hari ini. ”Kami berharap, kehadiran para pimpinan perusahaan di sekolah bisa menginspirasi para siswa,” tegas Koordinator Program CEO BUMN-BUMD Mengajar M. Atho’illah kemarin (1/5).

Atho’ menambahkan, para bos tersebut nantinya diminta banyak bercerita tentang perjalanan mereka menuju kesuksesan. Sebab, dia yakin, untuk menggapai kesuksesan hingga puncak karir sebagai petinggi perusahaan tidaklah gampang. Para CEO nantinya banyak mengupas sisi-sisi kesulitan yang harus dihadapi, mulai dari sekolah hingga bekerja.

Nah, para siswa di semua tingkatan harus bisa memahami bagaimana sulitnya mencapai kesuksesan. Selama lebih dari satu jam sejak pukul 08.00, bos-bos tersebut juga akan berinteraksi dengan para siswa. ”Termasuk nanti siswa-siswi biar diberi motivasi dan solusi ketika menghadapi kesulitan,” tandas dia.



Sementara para bos yang dijadwalkan mengajar di antaranya, dari PT Pos Indonesia, Jiwasraya, Telkom, Bank Jatim, PLN, BTN, Sarinah, Perum Pegadaian, PD Jasa Yasa, Perhutani, dan BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan dari unsur perbankan, di antaranya, Bank BNI 46, BRI, dan Bank Mandiri. (c2/abm)