Peringatan HKN 2019, Kabupaten Malang Fokus Turunkan Angka Stunting

 

KEPANJEN – Bertepatan dengan peringatan HKN (Hari Kesehatan Nasional) 2019, Bupati Malang, HM Sanusi ingin masalah stunting jadi fokus yang harus dibenahi di Kabupaten Malang setahun ke depan.

Ya, menurut data, angka stunting di Kabupaten Malang pada 2018 masih berada di presentase yang cukup tinggi, 28 persen. Sementara, sampai Oktober tahun 2019 stunting di Kabupaten Malang turun 10 persen lebih hingga 16,1 persen.

“Targetnya stunting di Kabupaten Malang bisa turun menjadi 6 persen di 2020,” tukas Sanusi usai apel HKN 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Rabu (27/11).

Namun, pria asli Gondanglegi itu tetap punya harapan besar angka stunting bisa diturunkan sampai nol persen. Menurutnya, penurunan stunting ini jadi amanat Presiden RI, Joko Widodo untuk fokus dikerjakan di daerah.

Maka dari itu dalam hal ini butuh sinergitas dengan instansi terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Salah satu gebrakan yang akan dimulai Sanusi di tahun 2020 yaitu membentuk satgas khusus penanganan stunting.

”Teknisnya setiap satu organisasi perangkat daerah (OPD) menangani satu kecamatan,” urai Plt Kepala Dinas Kesehatan, Dr Ratih Maharani.

Pendampingan tersebut bakal dilakukan oleh OPD di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. “Hal ini dilakukan guna mendorong percepatan penanganan stunting agar lebih efisien,” tutupnya.

Praktiknya, para kepala OPD bakal berperan sebagai penanggung jawab. Sementara, kepala puskesmas bertindak sebagai sekretaris dan camat sebagai bendahara.

Ratih menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera bergerak dengan membuat kerangka acuan kerja bagi OPD. OPD akan jadi garda terdepan dalam program pengentasan stunting ini. Mereka akan membawahi wilayah binaannya masing-masing.

Kembali lagi ke Bupati Malang, menurutnya masih ada dua masalah kesehatan lain yang juga perlu difokuskan selain stunting. Masalah itu adalah harga obat yang masih mahal dan masih rendahnya tingkat penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

Dalam momen HKN 2019 kali ini, politikus PKB itu juga menyempatkan diri mengecek kesiapan dan kondisi beberapa ambulan milik Puskesmas di wilayah kerja Kabupaten Malang.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido