Perhatikan Hal Ini Sebelum Mendesain Penunjuk Jalan

JawaPos.com – Setiap bangunan gedung atau perumahan pasti memerlukan signage alias simbol-simbol atau penunjuk jalan sebagai panduan. Disadari atau tidak, signage adalah elemen yang sangat penting dari suatu perumahan atau gedung walau sering dilupakan.

Bicara soal pembuatan signage tentunya tidak lepas dari peran desainer interior. Mereka lah yang paling bertanggungjawab dalam memilih material, menentukan ukuran yang pas, menentukan lokasi pemasangan yang tepat, sampai teknik pemasangan yang sesuai dengan kondisi lapangan.

“Menggunakan jasa perusahaan signage yang total solution tentu akan lebih efisien dan efektif,” kata praktisi signage dari City-Ad Expo Treeswenda Mulyana kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam mendesain penunjuk arah. Berikut adalah lima hal yang harus diperhatikan.



1. Warna
Perpaduan  warna adalah hal penting dalam banyak hal, termasuk dalam mendesain penunjuk jalan. Jangan sampai desain yang dibuat berwarna gelap lalu ternyata warna dinding atau background di lapangan juga gelap.

“Akibat kesalahan seperti ini, jadwal peresmian gedung, bisa mundur, buang uang dan waktu,” jelas Treeswenda.

2. Keseimbangan
Simbol petunjuk arah yang dibuat harus seimbang dari segala sisi. Mulai dari warna, ukuran, maupun kondisi lapangan, semua harus seimbang. Contohnya adalah signage hotel dan office tower. Sebuah skema desain dan penempatan signage dengan gaya yang konsisten akan membantu membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman sehingga bisa menemukan lokasi dengan cepat.

3. Riset
Dilansir dari Way Finders, perlu riset untuk memahami para pengguna bangunan sebelum mendesain penunjuk jalan. Penunjuk jalan yang dibuat harus menyesuaikan dengan karakter masyarakat karena karakter di tiap lingkungan pasti berbeda. Penunjuk jalan yang dibuat juga harus menyesuaikan dengan tingkat pendidikan penduduk yang ada di sana supaya bisa dipahami.

4. Uji Coba
Cara yang baik untuk mengukur efektivitas penunjuk jalan adalah melakukan uji coba. Dengan menapaki jalan yang akan dibangun sesuai desain yang dibuat, maka desainer interior yang membuat penunjuk jalan tersebut bisa mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang hasil karya mereka.

5. Ciptakan Kepribadian
Penunjuk jalan bisa menjadi simbol kepribadian sebuah lokasi. Penggunaan simbol-simbol tertentu pada penunjuk jalan secara tidak langsung bisa ikut membentuk imej sebuah perusahaan, perumahan, dan fasilitas publik lain.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani