Perhatian, Ada Perubahan Arus Lalin Di Jalan Veteran Mulai Hari Ini

MALANG KOTA – Perempatan menuju arah Taman Makan Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang hari ini (Senin, 8/10) ditutup. Lantaran di area perempatan tersebut sering menyebabkan kemacetan. Proses ini dilakukan setelah sebelumnya menutup beberapa kawasan di Jl. Soekarno Hatta. Dari rekayasa Lalu Lintas (Lalin) tersebut, kemacetan dirasa telah berkurang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Kusnadi menyampaikan rekayasa lalin kali ini berbeda dengan yang diterapkan di area Jl. Soekarno Hatta.

“Sekarang kan 3 fase. Nah kita akan rubah jadi 2 fase saja. Sehingga nanti bisa mengurangi titik kemacetan,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika sebelumnya perbatasan Jl. Veteran dan Jl. Bogor ini akan membuat pengendara untuk saling bergantian menunggu green light pada traffic light, maka dalam rekayasa ini pengendara dari arah Jl. Veteran dan Jl. Bandung tidak perlu menunggu pergantian.

“Mereka bisa langsung, tidak perlu tunggu yang di sana (jalan Bandung), atau di sini (jalan Veteran),” imbuhnya.

Imbasnya, pengendara yang datang dari arah Bogor tidak bisa langsung menyebrang, melainkan memutar terlebih dahulu. Jika datang dari arah Jalan Jakarta, maka jika ingin ke arah jalan Mayjen Panjaitan, harus memutar dulu melalui jalan Veteran. Sebaliknya, jika datang dari arah Jalan Mayjen Panjaitan, harus memutar dulu di Jalan Bandung.

Lebih lanjut, masa uji coba traffic light akan berlangsung selama dua minggu ke depan. “Kalau bisa mengurangi kemacetan, akan saya patenkan. Tapi kalau tidak, kita akan cari solusi titik yang lain,” tandasnya.

Pewarta : Arifina
Foto : Arifina
Penyunting : Shuvia Rahma