Perempuan-Perempuan Kalipare Ubah Singkong Jadi Tepung Bernilai Jual Tinggi

Ibu-ibu mengolah singkong

MALANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang memang sedang gencar menggalakkan program pelatihan untuk mengentas pengangguran dan menambah wawasan wisausaha bagi masyarakat Kabupaten Malang. Bidang Pelatihan dan Produktivitas (Lattas) Disnaker Kabupaten Malang menggelar pelatihan pengolahan singkong, di Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare.

Lapis berbahan singkong dikemas dengan apik

Singkong yang biasanya hanya diolah menjadi makanan sederhana, kini diolah menjadi modified cassava flour atau mocaf yang nama lainnya adalah tepung ubi kayu.

Dalam pelatihan yang diikuti sekitar 30 peserta itu didominasi ibu rumah tangga. “Beberapa peserta ini juga adalah mantan buruh migran,” ujar Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Malang, Mochamad Yekti Pracoyo.

Ia menyatakan pelatihan yang diberikan untuk saat ini memang baru terbatas pada satu desa saja, yakni Desa Sukowilangun, Kalipare. Disnaker juga melihat potensi singkong yang ada dan melimpah di wilayah desa tersebut. “Jadi kita berpikir bisa dimanfaatkan apa ya, maka muncul mocaf ini,” tuturnya.

Ia juga berharap bisa lebih banyak lagi kawasan yang dilatih, termasuk ke daerah yang lain di Kabupaten Malang dengan komoditi andalan masing-masing.

Harga jugal tepung mocaf sendiri juga cukup tinggi di pasaran, sekitar Rp 14 ribu untuk 500 gram. Mocaf memang lebih mahal dari tepung terigu, karena dirasa lebih sehat karena mengandung gluten free.

Namun, ternyata mocaf juga bisa dijadikan bahan dasar kudapan pengganti tepung terigu. Yang nantinya bisa dijual lagi dengan harga jual tinggi setelah digubah menjadi aneka cake dan kue kering seperti brownis. Lebih sehat karena glutten free, harga jual brownies dari mocaf cukup dinilai cukup memiliki prospek bagus jika dihitung harga bahan dasarnya yang menggunakan singkong.

Acara yang diadakan selama lima hari, sejak Senin (22/7) hingga Jumat (26/7) ini menghadirkan para praktisi langsung yang memang ahli dan menggeluti bidang industri tepung singkong. Beberapa di antaranya adalah produsen mocaf dan pebisnis kuliner yang memang memanfaatkan bahan makanan yang diyakini lebih sehat tersebut.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Disnaker Kabupaten Malang