Perempuan Bercadar, Sering Keluar Masuk Tengah Malam

Teroris di Sidoarjo

RADAR MALANG ONLINE – Empat terduga teroris ditangkap di Dusun Jedong, Kelurahan Urangagung, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Senin (14/5) pagi. Mereka sudah empat tahun mendiami wilayah tersebut. Selama kurun waktu itu, para terduga teroris tidak pernah terlibat dalam kegiatan warga setempat.

Ketua RT 01 RW 02 Kelurahan Urangagung Winarno mengatakan, awalnya hanya ada dua orang yang mengontrak rumah milik H. Tamsiah itu. Mereka adalah Damayanti, 34, dan Beti Rinawati, 38. “Awalnya cewek-cewek yang mengontrak. Mereka lapor juga kepada kami. Sehari-hari mereka menjahit kerudung,” aku Winarno.

Beberapa bulan terakhir, Agus Widodo, 35, dan Ilham tampak ikut menghuni rumah kontrakan tersebut. Namun keberadaan mereka tidak dilaporkan ke RT atau warga sekitar. “Saya juga tidak tahu dari mana asal yang laki-laki. Mereka juga tidak laporan ke kami,” imbuhnya.

Keterangan Winarno dibenarkan Fauzan, tetangga terduga teroris. Menurutnya, keempat penghuni rumah kontrakan itu memang sangat tertutup. Bahkan mereka tidak pernah mengikuti kegiatan warga. Termasuk salat jamaah di masjid atau musala.

“Yang perempuan pakai cadar. Mereka tidak pernah salat jamaah di masjid. Mereka juga sering keluar-masuk pada tengah malam. Kadang naik motor. Kadang menggunakan mobil. Pekerjaannya pun tidak jelas,” ungkap Fauzan.

Warga lain menambahkan, rumah kontrakan terduga teroris acap kali digunakan sebagai tempat berkumpul orang-orang yang tidak dikenal. “Biasannya kumpul pas Jumat. Mereka sudah lama jadi rasan-rasan warga, tapi tidak ada tindakan dari RT,” imbuh salah satu warga yang menolak menyebutkan namanya.

(saf/ce1/JPC)